Sesuai arahan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi tentang penjaminan mutu perguruan tinggi yang terdiri atas penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal, maka Institut Teknologi Del sebagai institusi pendidikan yang hendak menghasilkan sumber daya manusia dengan kompetensi yang baik harus mewujudkan arahan tersebut. Untuk itu dibentuklah SPM IT Del, pada tanggal 14 November 2008.

Saat ini, SPM sebagai lembaga penjamin mutu internal di IT Del sedang membangun fondasi dan mempersiapkan seluruh elemen yang dibutuhkan agar penjaminan mutu internal dapat dilaksanakan.

Visi SPM IT Del

Menjadi rujukan penjaminan mutu pendidikan tinggi, baik untuk aspek pendidikan, penelitian, pengabdian pada masyarakat, dan manajemen kelembagaan perguruan tinggi.

Misi SPM IT Del

Marroha, Menjadikan mutu sebagai ruh yang menjiwai program dan kegiatan yang diselenggarakan oleh unit kerja dan insan Institut Teknologi Del di semua Satuan Akademik dan Satuan Unit Kerja untuk mencapai karya yang bermutu dan akuntabel.

Fungsi SPM IT Del

Sebagai perangkat Institut Teknologi Del, SPM berfungsi menyelenggarakan proses penjaminan mutu terhadap program kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi yang dijalankan di Poilteknik Informatika Del.

Tugas Umum SPM IT Del

  • Mengembangkan perangkat dan panduan penjaminan mutu program akademik pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta program dan kegiatan non-akademik, yang sifatnya umum.
  • Mengkordinasikan pelaksanaan kegiatan penjaminan mutu program akademik dan nonakademik di lingkungan Institut Teknologi Del.
  • Melaksanakan kajian-kajian terhadap hasil pelaksanaan penjaminan mutu yang dilaksanakan oleh semua Bidang di IT Del, yaitu Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Sarana Prasarana,
  • Menyampaikan hasil kajiannya kepada Direktur dan Sidang Akademik.
  • Sesuai dengan kondisi capaian mutu IT Del, SPM berfungsi menyusun standar mutu program dan kegiatan Institut Teknologi Del.

Model Penjaminan Mutu IT Del

Dalam melaksanakan fungsi dan tugasnya, SPM IT Del menganut tata-nilai penjaminan mutu yang disandarkan kepada innovasi, keterlibatan, kepedulian dan partisipasi, integritas, dan apresiasi.

Target pembangunan mutu IT Del adalah adanya pengakuan dari komunitas internal dan eskternal terhadap produk tridharma IT Del dan manajemen kelembagaan IT Del. DI masa yang akan datang, diharapkan adanya kontribusi bermakna untuk masyarakat di sekitar IT Del.

Proses penjaminan mutu IT Del berdasar kepada:

  1. Indikator kinerja program dan kegiatan IT Del untuk kurun waktu tertentu telah ditetapkan dalam Kebijakan Mutu IT Del.
  2. Penjaminan mutu (quality assurance) terhadap program dan kegiatan dilakukan secara menyeluruh pada tahapan: input, process, output, outcome, benefit , dan impact.
  3. Penjaminan mutu merujuk pada pendekatan yang telah dipraktekan di institusi lain dengan adaptasi pada kondisi IT Del.
  4. Penjaminan mutu memperhatikan secara proporsional aspek kualitatif dan kuantitatif yang telah dicapai oleh unit kerja dan individu IT Del atas sasaran target mutu yang ditetapkan untuk kurun waktu tertentu.
  5. Penjaminan mutu dilakukan melalui pembangunan sistem penjaminan mutu yang memuat di dalamnya proses-proses MAE (Monitoring, Assessment, and Evaluation) atas program dan kegiatan yang bermutu dan akuntabel untuk mencapai kepuasan stakeholders.

Mengacu kepada hal di atas, maka secara operasional prinsip kerja penjaminan mutu di IT Del diselenggarakan berdasar pada prinsip Peningkatan Mutu Secara Berkelanjutan (Continuous Quality Improvement). Peningkatan mutu secara berkelanjutan perlu disertai dengan upaya IT Del membangun budaya mutu (quality culture).

Pentingnya IT Del sebagai institusi membangun budaya mutu bertujuan untuk :

Menjamin kelangsungan IT Del sesuai dengan visi dan misi IT Del.

  1. Membuktikan pada masyarakat kontribusi nyata IT Del untuk peningkatan daya-saing bangsa.

Sementara itu, strategi dalam mencapai budaya mutu adalah melalui:

  1. Pemberian penghargaan kepada individu/unit yang memenuhi standar mutu dan akuntabilitas
  2. Menumbuhkan dan memperkokoh kegiatan yang bermutu
  3. Menjamin keberlangsungan produk tridarma yang unggul dengan cara diseminasi atau adopsi pada tingkat IT Del.