Laguboti, 26 Maret 2019. Anthon Roberto Dosen dari IT Del menerima Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pencapaian ini merupakan prestasi IT Del yang sangat membanggakan dalam tahun 2019. Prestasi ini dicapai oleh Anthon Roberto beserta tim atas kinerja dalam menciptakan produk E-Gov-Center yang merupakan produk orisinil karya dari Anton Roberto dan tim.

Menurut Dr. Ir. Bambang S.P Abednego selaku Wakil Rektor III Bidang Kerja Sama dan Penelitian, IT Del saat ini memiliki alumni yang sebagian besar bekerja di Pulau Jawa sehingga karya IT Del melalui para alumni sangat dikenal di lingkungan industri dimana para alumni bekerja. Hal ini menjadi tantangan bagi IT Del untuk berkarya bukan hanya di pulau Jawa namun juga turut berkontribusi di daerah, khususnya di daerah dimana IT Del berada. Salah satu bentuk kontribusi tersebut adalah membantu dalam mendukung tata kelola pemerintahan daerah yang baik dengan pemanfaatan teknologi informasi. Wujud kontribusi itu adalah dengan membentuk E-Gov Center menjadi wadah dalam melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang menghasilkan aplikasi yang dapat membantu transparansi pemerintahan kepada masyarakat. Saat ini sudah 4 kabupaten yang sudah menggunakan aplikasi dari E-Gov Center dan penting untuk diketahui bukan hanya untuk internal dari Institutsi akan tetapi juga harus diketahui oleh masyarakat luas bahwa IT Del mempunyai peran yang bermanfaat bagi sekitar dimana IT Del berada.

Menurut Anthon Roberto, E-Gov Center ini merupakan salah satu bentuk kontribusi dosen IT Del kepada pemerintah daerah lingkungan sekitarnya. Saat ini E-Gov Center sudah bekerja sama dengan 4 Kabupaten yaitu Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hansudutan dan Nias Selatan. E-Gov Center memberikan suport kepada kabupaten-kabupaten yang bekerja sama dengan IT Del. E-Gov sudah menghasilkan 4 aplikasi  untuk E-Government antara lain E-Planing, E-Perizinan, E-Bugeting, dan E-Aset. Pada tahun 2019 ini akan menghasilkan beberapa Aplikasi E-Government yang lain yang akan menjawab kebutuhan pemerintahaan daerah dalam mengolah sumber data keuangan pemerintahaan yang lebih baik. Tahun 2018 pada 2 kabupaten Tapanuli Utara dan Toba Samosir sudah dibantu oleh E-Gov bekerja sama dengan pemerintahaan di kabupaten tersebut untuk menghasilkan APBD kabupaten pada tahun melalui aplikasi dari E-Gov.

Hasil dari penelitian dari dosen IT Del maka hak intelektual perlu dibuatkan HAKI dari aplikasi yang dihasilkan yaitu E-Government. HAKI ini yang diserahkan kepada IT Del sebagai kontribusi dari E-Gov Center kepada IT Del. Dan merupakan hasil karya ciptaan dari IT Del. Dari aplikasi yang dikembangkan oleh E-Gov Center maka akan menghasilkan banyak aplikasi yang di buatkan HAKI dan akan diserahkan kepada IT Del. Untuk mendapatkan sertifikat HAKI ini sebenarnya tidak mudah. Seseorang harus memiliki karya yang original, yaitu produk tersebut hasil karya sendiri. Harapan dari Anthon Roberto selaku dosen di IT Del, IT Del akan semakin jaya dan akan mendapatkan akreditasi terbaik di Indonesia.

Hasil dari penggunaan aplikasi E-Government  juga berguna untuk masyarakat. Masyarakat dapat menerima informasi yang valid dari pemerintah setiap kabupaten dengan menggunakan dari aplikasi yang dihasilkan oelh E-Gov melalui portal dari setiap kabupaten sehingga masyarakat dapat lebih memantau perkembangan pemerintahan kabupaten.

Hasil dari penelitian oleh Anthon Roberto yaitu dalam bentuk aplikasi  E-Government sudah mendapatkan Sertifikat HAKI yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia kepada IT Del. Ini merupakan pertama bagi IT Del dan sangat membanggakan karena keberadaan yang berada di pedesaan mampu untuk menunjukkan hasil karya yang membanggakan dengan keterbatasan yang ada. Inovasi yang dihasilkan dipergunakan untuk membantu pemerintah kabupaten disekitar kampus IT Del  yang lebih efisien, efektif dan compatible. Harapan ke depan akan melihat perolehan HAKI  dari hasil karya atau karya intelektual akan semakin banyak yang dihasilkan dari IT Del dan akan menjadi suatu contoh atau keteladanan yang kita berikan kepada PTN atau PTS di sekitar kampus IT Del ujar Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D. selaku Rektor IT Del.

Sertifikat_EC00201932736_000137459_page-0001 Sertifikat_EC00201932742_000137465_page-0001