FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI (FTI) IT DEL

 

Fakultas Teknologi Industri (FTI) adalah salah satu Fakultas yang ada di IT Del. Fakultas ini sudah ada sejak  tahun 2013. Program studi yang ada di Fakultas ini yakni Sarjana Manajemen Rekayasa. Dekan dari Fakultas ini adalah Bapak Dr. Yosef Barita Sar Manik, S.T, M.Sc, beliau adalah lulusan dari Harvard University.

Manajemen Rekayasa adalah satu-satunya program satu yang ada pada fakultas ini. Manajemen Rekayasa (Engineering Management) adalah penggabungan dari keilmuan teknik/rekayasa (engineering) dengan ilmu manajemen yang diaplikasikan untuk menyelesaikan persoalan-persoalan dalam suatu sistem kompleks.  Aspek keilmuan teknik (engineering) dari Manajemen Rekayasa terlihat melalui  penerapan matematika dan ilmu pengetahuan alam yang diperoleh melalui pembelajaran, pengalaman, dan praktek empiris untuk menemukan cara-cara yang optimal dalam memanfaatkan material dan sumber daya lain dalam mengembangkan teknologi. Aspek keilmuan manajemen dari Manajemen Rekayasa muncul dalam penerapan ilmu-ilmu pendukung keputusan yang dapat diaplikasikan dalam aktivitas-aktivitas pengembangan organisasi dalam mencapai tujuannya, yang diperoleh melalui pembelajaran dan praktek empiris dalam ilmu perilaku organisasi, analisa finansial, manajemen sumber daya manusia, dan analisa keputusan.

Manajemen Rekayasa idealnya berfokus pada kegiatan riset dasar untuk tahu produk atau jasa apa yang dibutuhkan manusia saat ini dan masa depan, hal-hal apa saja yang masih kurang, perlu dibenahi, atau bahkan belum ada. Dari situ kemudian terjadilah kegiatan desain di mana informasi-informasi hasil riset tersebut divisualisasikan atau diungkapkan untuk mendisain produk atau jasa, yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut, termasuk proses yang dibutuhkan untuk memproduksi produk/jasa tersebut. Keseluruhan rangkaian proses ini dikenal sebagai proses inovasi. Dalam proses inovasi ini sangat dibutuhkan blending antara ilmu rekayasa dan manajemen.

Dari situ kemudian terjadilah kegiatan desain di mana informasi-informasi hasil riset tersebut divisualisasikan atau diungkapkan untuk mendisain produk atau jasa, yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut, termasuk proses yang dibutuhkan untuk memproduksi produk/jasa tersebut. Keseluruhan rangkaian proses ini dikenal sebagai proses inovasi. Dalam proses inovasi ini sangat dibutuhkan blending antara ilmu rekayasa dan manajemen.

Setiap mahasiswa tingkat 4, program Sarjana Manajemen Rekayasa wajib mengikuti program kerja praktek dengan tujuan Mengenalkan mahasiswa kepada lingkungan kerja nyata, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang diperolehnya selama belajar di IT Del, serta mendapatkan pengalaman kerja di industry. Kebanyakan mahasiswa Manajemen Rekayasa melakukan kerja praktek ke perusahaan-perusahaan industri di daerah jawa. Mereka kerja praktek diperusahaan tersebut selama kurang lebih sebulan. Tak jarang perusahaan-perusahaan tempat mereka melakukan kerja praktek justru langsung merekruit mahasiswa tersebut untuk dapat bekerja diperusahaan mereka karena melihat hasil kerja mahasiswa IT Del yang memuaskan. Sehingga banyak mahasiswa IT Del yang sudah diterima bekerja sebelum diwisuda.

Untuk adik-adik lain yang ingin merasakan pengalaman yang sama seperti itu,kalian boleh segera mendaftarkan diri di USM III IT Del agar dapat menjadi mahasiswa Manajemen Rekayasa IT Del atau program studi lainnya yang ada di IT Del. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 22 juli 2017 pukul 12.00 wib. Info selengkapnya bisa dilihat di http://spmb.del.ac.id. Pilihlah kampus yang berkualitas untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

 

 

 

Pembekalan MR 14