Selain menerima materi kuliah pada sesi pengajaran, akan sangat baik jika wawasan mahasiswa diperkuat dengan informasi dari dunia industri, misalnya sharing tentang trend, teknologi atau isu-isu hangat yang sedang berkembang. Institut Teknologi Del (IT Del) mengakomodir kebutuhan ini, salah satunya dengan sering mengundang praktisi dunia industri ke desa Sitoluama, dimana kampus IT Del berdiri.

Pada tanggal 1-2 November 2016, IT Del menghadirkan dua praktisi terbaik IT untuk berbagi best practices kepada mahasiswa Diploma 3 & Diploma 4 Teknik Informatika, S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem KU-SuitmediaBukalapak_13 KU-SuitmediaBukalapak_12 KU-SuitmediaBukalapak_11 KU-SuitmediaBukalapak_10 KU-SuitmediaBukalapak_09 KU-SuitmediaBukalapak_08 KU-SuitmediaBukalapak_07 KU-SuitmediaBukalapak_06 KU-SuitmediaBukalapak_05 KU-SuitmediaBukalapak_04 KU-SuitmediaBukalapak_03 KU-SuitmediaBukalapak_02 KU-SuitmediaBukalapak_01Informasi, yang sedang mengikuti kuliah:
• MRS3180-Technopreneurship
• IF441417-Kewirausahaan
• IF441416-Design Thinking
• IF331417/IF431417-Kreativitas & Inovasi
• IE331316/IF441311-Tugas Akhir I

Anggriawan Sugianto (CTO/COO Suitmedia) dan Hasanul Hakim (Head of Mobile Division Bukalapak) akan berada di IT Del selama 2 hari untuk 2 kegiatan, yaitu kuliah umum dan workshop. Kuliah umum pada tanggal 1 November 2016 diisi dengan 2 materi, yaitu “Business Development” oleh Anggriawan, yang membahas tentang product development, customer development, business model canvas, competitive positioning, customer relationship, 4P of business. Sesi ini menjadi sangat atraktif karena mahasiswa di mata kuliah Technopreneurship dan Kewirausahaan sudah mengerjakan business model canvas dan business plan untuk proyek kuliah mereka. Mahasiswa banyak bertanya seputar pengembangan proyek kuliah mereka (membangun bisnis sederhana) dan juga best practice di Suitmedia.

Sesi kedua dibawakan oleh Hasan, dengan judul “The key ingredients to build high quality apps (Mobile Apps Development in Bukalapak)”. Hasan berbagi 6 Key Ingredients HQ Apps dan juga best practice pada divisi mobile apps di Bukalapak. Tidak hanya sekedar pada pengembangan aplikasi, mahasiswa juga bersemangat untuk bertanya hingga pada security aplikasi. Pada akhir sesi kuliah umum, Anggriawan dan Hasan memberikan merchandise kepada 3 mahasiswa yang memberikan pertanyaan dalam sesi tanya jawab.

Sebagai penutup dari kuliah umum ini, Hasan memberi pesan bahwa sebagai orang muda, mahasiswa-mahasiswi IT Del harus menjadi manusia yang ambisius, sebab masa-masa usia mahasiswa saat ini adalah masa-masa emas untuk berkarya. Pesan dari Anggriawan, jika nanti lulus mahasiswa harus mengenal 1000 orang, artinya bahwa kita harus memperluas pergaulan, koneksi, karena suatu hari kita tidak akan tahu siapa yang membantu kita. Seperti motto kuliah technopreneurship dan kewirausahaan “peace, love and gaul” 😉