????????????????????????????????????

????????????????????????????????????

Pada hari Sabtu, 13 Februari 2016 Departemen Hubungan Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Teknologi Del (IT Del) bekerja sama dengan Indonesia Backtrack Team Sub Regional Toba Samosir mengadakan Seminar dan Workshop “Hacking Android Smartphone” di kampus IT Del. Peserta seminar dan workshop ini tidak hanya dari kalangan mahasiswa tetapi juga siswa SMA dan umum dari luar kota yang tertarik dengan hacking smartphone khusus android.
Bertempat di auditorium IT Del, acara ini berlangsung pada pukul 09:00 – 12:00 WIB. Adapun pemateri dalam seminar dan workshop ini yakni Staff CSRC IT Del. Pemateri memaparkan beberapa hal terkait hacking diantaranya yaitu:
1. Bagaimana hacking yang beretika.
2. Bagaimana untuk melakukan hacking terhadap smartphone android secara diam-diam, dan tidak ada notif ke pemilik smartphone.
a. Bagaimana cara untuk mengetahui informasi sistem smartphone.
b. Bagaimana cara untuk mengetahui isi SMS, Contact, dan Call Logs.
c. Bagaimana cara untuk memiliki akses penuh terhadap manajemen file smartphone (upload, download, rename, cut, copy, paste, delete, edit, new)
d. Bagaimana cara untuk menyalakan microphone dan sadap pembicaraan telp.
e. Bagaimana cara untuk menyalakan kamera (depan dan belakang), sehingga dapat
– Mengambil foto.
– Melakukan Live Video Stream (seperti menyalakan Web Cam, atau Video Call).
f. Bagaimana cara untuk melacak lokasi GPS smartphone.
3. Bagaimana cara untuk mencegah agar semua proses hacking diatas, tidak dapat dilakukan dengan mudah terhadap smartphone kita.
Topik ini dibawakan dengan sangat ringan dan menarik, uniknya lagi peserta tidak harus memiliki smartphone Android untuk mempelajarinya. Topik ini merupakan topik yang sedang populer di dunia keamanan mobile saat ini sehingga seminar ini sangat menarik untuk diikuti.
Pada akhir acara terdapat kuis singkat, dan peserta yang berhasil menjawab kuis mendapatkan buku Pencegahan Serangan SQL Injection pada WEB. Peserta juga diberikan sertifikat dan softcopy materi workshop.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/media/set/?set=a.814289282010977.1073742137.403538753086034&type=3