Sitoluama, 11 September 2020, Institut Teknologi Del menyelenggarakan Inagurasi mahasiswa baru secara daring. Pada awal acara, Wakil Rektor 1 Dr. Arlinta Christy Barus, S.T., M. Infotech, memaparkan laporan panitia penerimaan mahasiswa yaitu jumlah mahasiswa baru yang mengikuti inagurasi online sebanyak 430 mahasiswa, dengan rincian: DIII Teknologi Infomasi 60 mahasiswa, DIII Teknologi Komputer 58 mahasiswa, DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak 62 mahasiswa, DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak (Tolikara) 25 mahasiswa, S1 Manajemen Rekayasa 53 mahasiswa, S1 Sistem Informasi 64 orang, S1 Teknik Bioproses 22 mahasiswa, S1 Teknik Elektro 29 mahasiswa dan S1 Informatika 57 mahasiswa.

Selanjutnya, Rektor IT Del Prof. Togar M Simatupang, M.Tech., P.hD. menyampaikan sambutan, dan menjelaskan bahwa pada situasi pandemi ini pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran elektronik dan habituasi karakter yang bercirikan kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab merupakan hal yang penting sehingga mahasiswa baru akan dapat menguasai bukan hanya kompetensi yang di standarkan tetapi termasuk juga keterampilan hidup.

Rektor IT Del turut menyampaikan para mahasiswa baru akan diperkenalkan dengan nilai-nilai Institut Teknologi Del yang terdiri dari Berketuhanan atau Mar-Tuhan, Berhati nurani atau Marroha, dan Bijaksana atau Marbisuk. Dengan habituasi nilai-nilai Institut Teknologi Del ini yang akan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka para mahasiswa akan mampu untuk menghadapi era kebiaasaan baru dan juga mempersiapkan diri mereka bagi masa depan.

Pada acara ini, Orasi Ilmiah disampaikan oleh Dosen Teknik Bioproses Institut Teknologi Del Meiyer Marthen Kinda, S.T, M.T dengan topik “Prakarsa Pengembangan Konsep Bioekonomi di Indonesia”.

w1

Pada kesempatan tersebut, Bapak Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi) selaku Pendiri dan Ketua Dewan Pembina IT Del menyampaikan bahwa tahun ini merupakan tahun yang cukup berat khususnya bagi Indonesia karena penyebaran Covid-19 hampir di seluruh dunia. Kondisi ini tentunya sangat berpengaruh bagi Pendidikan seperti yang terjadi saat ini, jika setiap tahun kita dapat melaksanakan inagurasi secara langsung maka tahun ini kita hanya dapat melakukannya secara virtual. Menko Luhut berharap hal ini tidak menurunkan semangat kita semua tapi justru kita sekarang memasuki suatu era baru di mana banyak dilakukan kegiatan – kegiatan secara virtual. Ini adalah perubahan gaya hidup dalam kondisi pandemi seperti ini dan kita menyadari pentingnya kemandirian suatu negara terutama dalam pasokan medis dan kesediaan pangan, kita baru sadar selalu mengandalkan import bahan baku obat dari luar negeri seperti india dan china. Menyadari itu semua dalam situasi Covid-19 ini justru sekarang kita melihat ada spirit untuk melakukan reformasi di berbagai bidang pemerintahan, kita sekarang mengembangkan industri farmasi melalui banyak cara.

Menko Luhut berpesan kepada para mahasiswa baru Institut Teknologi Del agar dapat memanfatkan kesempatan saat ini untuk belajar sungguh-sungguh, harus mempersiapkan diri, dan bisa menciptakan sesuatu, harus mempunyai inovasi untuk berbuat sesuatu demi kebaikan bangsa dan negara. Belajar dengan baik dan disiplin, pelihara kecerdasanmu, pelihara dan bentuk karakter hatimu serta jaga kesehatanmu, kalau itu bisa berjalan dengan baik kalian akan menjadi manusia-manusia paripurna yang bisa membangun negeri kita tecinta ini, ujar Menko Luhut mengakhiri.

Pada inaugurasi ini juga diberikan penghargaan Sisean Nabisuk (peningkatan akademik terbaik) kepada Ruslina Rosyana Sitorus dari program studi S1 Teknik Elektro angkatan 2019, Adelia Yoselin Della Rosa Rajagukguk dari program studi S1 Teknik Bioproses angkatan 2018, Edwinda Friska Fabianty dari program studi DIV Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Angkatan 2017; Dan penghargaan Sisean Napantas (mahasiswa teladan) kepada Yosepri Disyandro Berutu dari program studi DIII Teknologi Informasi Angkatan 2017.

Acara inagurasi daring ini juga diselingi dengan suara merdu dari paduan suara mahasiswa yang mempersembahkan lagu Mars IT Del dan Laskar Pelangi.

Selamat datang putra-putri terbaik bangsa di kampus tercinta, Institut Teknologi Del

w16 w15 w14 w13 w12 w11 w10 w9 w8 w7 w6 w5 w4 w3 w2