Pada tanggal 27-28 Januari 2020, tiga orang dosen Institut Teknologi Del (IT Del), Teamsar Muliadi Panggabean, Ike Fitriyaningsih dan Hernawati Samosir mengadakan workshop dan lomba “Pemrograman Statistika dengan Python untuk siswa-siswi SMA/SMK” di sekitar Tobasa dalam rangka Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan ini bertempat di ruangan Laboratorium 723 IT Del.

web

Acara PkM ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memperkenalkan lebih dini pemrogaman statistika menggunakan Python kepada siswa/siswi SMA/SMK mengingat pentingnya materi tersebut dalam era big data. Setiap sekolah yang diundang mengirimkan 2 orang putra/putri terbaiknya untuk memperebutkan hadiah yang telah disediakan. Kegiatan ini juga didukung mahasiswa/mahasiswi IT Del sebagai panitia penyelenggara. Dua puluh dua siswa/siswi dari SMA Unggul Del, SMKN 1 Laguboti, SMA BTB, SMAN 1 Balige, SMAN 1 Borbor, SMAN 1 Laguboti, SMAN 1 Silaen, SMAN 2 Balige, SMKN 1 Balige, SMKN 1 Lumbanjulu, SMKN1 Sigumpar memperoleh pelatihan selama sehari menjalani perlombaan di hari kedua. Juara I diraih oleh Natanael Jansudin Siregar, Juara II diraih oleh Arsella F dari SMAN 1 Balige. Natanael memperoleh piala, sertifikat dan hadiah sebesar Rp 1000.000,00 sedangkan Arsella memperoleh piala, sertifikat dan hadiah sebesar Rp 500.000,00. Juara III diraih oleh Steven Gerald Berutu dari SMAN 2 Balige. Gerald memperoleh piala, sertifikat dan hadiah uang tunai sebesar Rp 250.000,00.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini berjalan lancar dan mendapat tanggapan positif dari peserta. Kebanyakan peserta menginginkan pelatihan dilaksanakan lebih lama agar mereka dapat mempersiapkan diri lebih matang lagi, apalagi kegiatan ini juga menyertakaan lomba.

7 6 5 4 3 1 (1) 8