Pada tanggal 9-10 November 2019, Civitas Prodi Teknik Elektro melakukan kegiatan outbound dan pelatihan kepemimpinan, yang bertema “refresh dan recharge“di taman Eden 100. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan untuk mempererat hubungan antar civitas. Dalam kegiatan ini, kami mengundang beberapa instansi pemerintah daerah untuk memberikan pelatihan kepemimpinan, yang dihadiri oleh sekretaris Daerah dan diikuti oleh rombongan lainya.

web
Kegiatan Outbound dan latihan kepemimpinan di mulai pukul 9.15 wib yang dibuka dengan menyanyikan Mars HME secara bersama – sama kemudian bapak Indra Hartanto Tambunan, Ph.D sebagai Kaprodi Teknik Elektro membuka kegiatan Outbound dan pelatihan kepemimpinan dan menyampaikan bahwa ”kegiatan outbound dilaksanakan agar interaksi antar sesama civitas prodi teknik elektro semakin baik kedepan nya”. Setelah itu dilanjutkan dengan acara Pelatihan Kepemimpinan. Dalam kegiatan ini dilakukan dua sesi, yang pertama adalah Sharing session kepemimpinan oleh Sekretaris Daerah Bapak Drs.Audi Murphy Sitorus. S.H, M.Si. disampaikan bahwa “seorang pemimpin adalah orang yang mampu mempengaruhi orang lain untuk melakukan keinginan demi kepentingan bersama”. Sesi yang kedua adalah Focus group discussion oleh Sekretaris Daerah Kab. Toba Samosir Bapak Drs. Audi Murphy Sitorus. S.H, M.Si., Camat Laguboti Ibu Nelly Lumban Tobing S.E dan Ketua Bagian Organisasi Kab. Toba Samosir oleh Bapak Sarman Marbun, S.Sos. Pada kegiatan ini para peserta melakukan tanya jawab dalam group discussion bersama pimpinan daerah yang dengan senang hati bergabung dengan para peserta outbound. Para peserta outbound di latih untuk mempersiapkan diri menjadi seorang pemimpin di masa depan. Kami sangat senang dan berterima kasih bahwa pimpinan daerah mau berbagi ilmu kepemimpinan kepada kami.

Acara outbound dan latihan kepemimpinan ini diisi juga dengan berbagai kegiatan game yang sangat menarik dan menyenangkan. Dalam permainan ini, para peserta outbound berperan aktif dalam kegiatan game. Dalam kegiatan game para peserta outbound bukan hanya sekedar bermain akan tetapi dituntut agar bisa memecahkan masalah secara logika maupun perhitungan. Kegiatan game ini bertujuan agar dapat melatih kepemimpinan, membangun solidaritas dalam setiap kelompok, melatih sportivitas, menanamkan rasa tanggungjawab, mempererat hubungan dosen dengan mahasiswa, menumbuhkan kepedulian antar anggota, melatih sikap fokus dan melatih empati terhadap sesama peserta. Malam harinya peserta outbound berkumpul di lapangan melanjutkan acara sharing session dan evaluasi yang ditemani api unggun sebagai penerang dan juga digunakan untuk membakar jagung. Kegiatan dilanjutkan pada pagi hari dengan melakukan ibadah pagi dan makan pagi bersama. Setelah itu Penutupan acara outbound pada jam 10.00 wib yang ditutup oleh Bapak Pardamean Paul Hutabarat S.T selaku Pembina Outbound. Kemudian persiapan kepulangan, sebelum pulang dari lokasi para peserta diarahkan untuk membersihkan lingkungan sekitar yang digunakan selama kegiatan outbound agar lokasi ditinggalkan dalam keadaan bersih. Kegiatan outbound terlaksana dengan baik dan lancar dengan adanya dukungan dari semua peserta outbound dan tujuan dilaksanakannya Kegiatan ini untuk mempererat hubungan antar Dosen dengan mahasiswa, mahasiswa dengan mahasiswa dan untuk melatih kepemimpinan dalam diri setiap peserta outbound sehingga nantinya bisa menjadi seorang pemimpin di masa depan.