Sitoluama, 7 September 2019 Institut Teknologi Del (IT Del) menyelenggarakan Sidang Terbuka Wisuda ke XVI dan Dies Natalis XVIII yang dihadiri oleh Luhut Binsar Pandjaitan (Menko Kemaritiman dan Sumber Daya). Selaku Pendiri dan Pembina IT Del, beliau memberikan selamat kepada para wisudawan yang berjumlah 323 wisudawan dari berbagai program studi.

web
Menko Luhut menyampaikan perasaan bangga kepada para wisudawan, dosen dan karyawan yang sudah bekerja keras, dalam mengembangkan Institut Teknologi Del ke arah yang lebih baik. Sebagai orang tua, beliau berpesan kepada para wisudawan untuk bekerja dengan sungguh-sungguh, pantang menyerah dan selalu menggunakan waktu dengan baik. “Bekerjalah dengan dengan hati, kalau kau bekerja dengan hati pasti kau bisa sukses kedepannya” Ujar Menko Luhut.

Menko Luhut memberikan apresiasi kepada mahasiswa asal Tolikara Papua yang telah berjuang dengan baik hingga dapat lulus. Beliau memohon izin langsung pada Bupati Tolikara yang hadir dalam acara untuk merekrut seorang wisudawan asal Tolikara dengan IPK tertinggi. “Saya minta kepada Bupati Tolikara, mohon ijin saya bawa anak kita ini bekerja di Kantor Kementerian Kemaritiman Jakarta, dan akan saya sekolahkan sampai S2 dan S3 di dalam atau di luar negeri.”
Wisuda ke-16 ini dihadiri oleh Bupati Tobasa Darwin Siagian beserta Ibu Brenda Ritawati Darwin Siagian, Direktur Jenderal Pajak Robert Pakpahan, Wakil Ketua DPRD Tobasa Toni Simanjuntak, Dandim 0210/TU Letkol Czi Roni Agus Widodo, S.Sos, Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo, S.I.K, Kadis Pendidikan Parlinggoman Panjaitan, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Sumut Alfared Silalahi, dan beberapa camat lingkup Kabupaten Toba Samosir. Selain dari jajaran pemerintahan, acara wisudawan kali ini juga dihadiri dari beberapa perusahaan rekanan IT Del mulai dari PT. Esri, PT. Metro Data, PT. Dan Liris, PT. Generali, PT. Apple, PT. Parna Raya, PT. Aimtop dan beberapa perusahaan lainnya.

Rektor IT Del Prof. Togar M Simatupang, M.Tech., P.hD, dalam sambutannya berpesan agar para wisudawan dapat memberi nilai tambah pada kegiatan sosial ekonomi maupun pemerintahan. “Kami berbahagia untuk melepaskan 323 orang dari berbagai program studi. Institut Teknologi Del sebagai agen perubahan di tengah-tengah bangsa, yang saat ini sedang giat untuk melakukan pembangunan, saya berharap para wisudawan terlibat sebagai perancang maupun pelaksana untuk membantu Indonesia mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Dimanapun kalian berada, kalian harus tetap memberikan karakter mar Tuhan, Marroha, Marbisuk dalam dunia yang sangat dinamis ini.” Ujar Prof. Togar.

Prof. Togar juga menyampaikan ucapan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para orang tua yang telah menitipkan anak-anaknya untuk dididik di Institut Teknologi Del. Beliau berharap waktu yang wisudawan gunakan di IT Del tidak sia-sia melainkan menjadi modal mereka dalam berkembang dan berhasil mengarungi kehidupan kedepan serta terus menghormati orang tua dimanapun mereka berada. “Perlu kami sampaikan bahwa 323 orang yang lulus ini terdiri dari 168 orang perempuan dan 155 orang laki-laki dan 25 diantaranya lulus dengan Cum Laude dengan rincian 9 orang dari sarjana Manajemen Rekayasa, 3 orang dari sarjana Sistem Informasi, 3 orang dari program studi sarjana Teknik Elektro, 3 orang dari program studi sarjana Teknik Informatika, 5 orang dari sarjana Teknik Bioproses, 1 orang program Diploma III Teknik Informatika, dan 1 orang program Diploma atau sarjana terapan Teknik Informatika”. Lulusan IT Del sebanyak 45% yang diwisuda hari ini telah diterima di berbagai perusahaan nasional, multinasional, pemerintahan dan yang lainnya melanjutkan studi ke jenjang pasca sarjana. Perusahaan yang telah merekrut lulusan IT Del antara lain bumi Artha teknologi , PT Tanamduit, Tokopedia, Socius Inovasi Teknologi, Asuransi Sinar Mas, Dan Liris, Amarta Hotel Indonesia Natour, Bank Mandiri dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Semoga kalian (wisudawan) dapat terus meningkatkan kemampuan untuk pembangunan daerah dan nasional dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.” Pesan Prof. Togar yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah dari para hadirin.

Pada Acara Sidang Terbuka Wisuda ke XVI dan Dies Natalis XVIII, Bapak Luhut Binsar Panjaitan bersama Ibu Devi br Simatupang didampingi Rektor IT Del Prof Togar Simatupang juga memberikan penghargaan kepada para dosen teladan tahun 2019, yang diraih oleh; Dr. Arlinta Christy Barus, ST., M.InfoTech, Dr. Arnaldo Marulitua Sinaga, S.T., M.InfoTech, Adelina Manurung, S.Si., M.Sc dan Rizal Horas Manahan Sinaga, S.Si., M.T., serta penghargaan kepada para wisudaan terbaik masing-masing 3 orang dari setiap program studi.

Bupati Tobasa Darwin Siagian, ikut memberikan sambutan dengan mengatakan bahwa mahasiswa baru IT Del 171 orang mahasiswa baru IT Del dari total 377 orang, merupakan putra putri dari Kabupaten Toba Samosir. Hal ini menjadi indikator peningkatan perekonimian di Kabupaten Toba Samosir. Beliau juga turut mengapresiasi keberhasilan ke-11 mahasiswa Tolikara Papua yang berhasil menyelesaikan studi di IT Del.
Bupati Tolikara turut memberikan sambutan dalam acara wisuda ini. Seakan merespon beberapa sambutan sebelumnya, Bapak Usman Wanimbo menyampaikan terima kasih kepada Pembina Yayasan Del dan seluruh jajaran dan IT Del yang bersedia mendidik mahasiswa asal Tolikara Papua. Beliau berharap kerjasama ini dapat dilanjutkan untuk tahun ajaran berikutnya agar makin banyak lagi putra daerah Papua yang berpendidikan untuk dapat memimpin Papua di masa mendatang. “Memang kami orang Papua sangat terlambat dalam pendidikan dengan Pendidikan Nasional, tetapi hari ini saya merasa bangga karena anak-anak bisa mendapat pendidikan yang berkualitas tinggi. Sangat luar biasa mengikuti jenjang pendidikan di sini, anak-anak Tolikara lulus sebanyak 11 orang dan telah banyak perubahan yang sangat luar biasa dan menjadi contoh bagi anak Tolikara yang lain. Banyak perubahan yang mereka terapkan di Tolikara, pendidikan untuk orang orang Papua terasa cocok dengan didikan IT Del, dan sepertinya anak-anak Tolikara dapat menyesuaikan. Pada kesempatan ini, saya bangga luar biasa bagi anak Tolikara yang sudah lulus, untuk itu saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden Jokowi, Bapak Luhut Binsar Panjaitan, dan segenap Civitas Akademik IT Del.” Ujar Bupati Usman mengahiri.

Mewakili Alumni IT Del Putri Yosefa Siboro dari Program Studi Bioproses menyampaikan terima kasih kepada Bapak Rektor, Wakil Rektor, Bapak Ibu dosen serta seluruh civitas akademik Institut Teknologi yang telah memberikan berbagai ilmu pengetahuan dan pembelajaran selama perkuliahan. Putri mengajak para wisudawan untuk berkarya inovatif untuk dapat bersaing di tengah ketatnya persaingan global saat ini.

Rangkaian acara wisuda diakhiri dengan peringatan hari jadi (Dies Natalis) IT Del yang ke-18. Acara berlangsung dengan sangat meriah saat pembagian Lapet (kue khas Toba Samosir) oleh Bapak Luhut dan Ibu Devi yang diiringi dengan lagu selamat ulang tahun dari para hadirin.

#institutteknologidel #itdel #wisuda2019 #wisudaitdel #deltizen

70 D  (1468) 80 D  (1440) 6 D  (1309) 6 D  (1382) 6 D  (1451) 45f493f9-783e-45bc-bd84-feba3cd93b54 80 D  (1603) low 70 D  (1423) low