Balige 31 Agustus 2019, Bupati Tobasa Darwin Siagian bersama Ibu Brenda RD Siagian, Wakil Bupati Hulman Sitorus Bersama Ibu Lin R Hulman Sitorus mengadakan syukuran atas akan di Wisuda 11 Mahasiswa IT Del yang berasal dari Kabupaten Tolikara Provinsi Papua. Didampingi oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kapolres Tobasa diwakili Wakapolres Kompol J Butar-Butar, Wakil Ketua DPRD Toni Simanjuntak dan Sekda Kab Audi Murphy Sitorus.

web

Mengawali Acara Syukuran atas di wisuda mahasiswa IT Del yang berasal dari Tolikara Papua, Bupati Tobasa Darwin Siagian menyampai rasa bangga dan bahagia atas keberhasilan 11 mahasiswa IT Del asal Tolikara yang telah menyelesaikan studinya di IT Del. Beliau bercerita “Tiga tahun yang lalu, saya bersama Bupati Tolikara mengantar dan menitipkan anak-anak dari Tolikara Papua yang akan menimba ilmu di IT Del” dan Puji Tuhan anak-anak kami berhasil menyelesaikan studinya di IT Del dan akan di wisuda 7 September 2019 mendatang.”Ujar Bupati Tobasa”

Bupati Tobasa berpesan kepada ke 11 mahasiswa asal Tolikara Papua, “Setelah Pulang ke Tolikara tetap belajar dan terus mengembangkan ilmu yang kalian dapat selama di IT Del. Bupati Tobasa berharap akan ada yang akan menjadi pioner untuk membangun Kabupaten Tolikara. Kalian dapat bisa cepat memajukan Tolikara, karena telah menguasai ilmu teknologi”. Bupati Tobasa berpesan setelah pulang ke Tolikara tetap belajar dan mengingat ilmu yang didapat, sangat berharap akan menjadi pioner untuk membangun Kabupaten Tolikara. “Kalian bisa  cepat memajukan Tolikara, karena telah menguasai tehnologi,  teruslah belajar dan  kembangkan pengetahuanmu “kata Bupati Darwin  mengahiri. Dilanjutkan kata sambutan oleh Sekta Audi Murphy yang berpesan kepada mahasiswa agar tetap belajar dan menerapkan pengalamannya selama menimba ilmu di IT Del dan ikut serta membangun Kabupaten Tolikara, Papua. “Ujar Sekda Audi Murphy”

Dalam kata sambutan Rektor IT Del Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D. sangat mengapresiasi Bupati Tobasa dan Wakil Bupati atas undangannya. Ada tiga hal yang membuat kami bersukacita yang pertama adalah bahwa Bupati lebih dari 30 tahun tinggal di tanah Papua sehingga mempunyai ikatan emosional yang sangat baik dengan orang Papua, kedua bukan pertama sekali Bupati mengundang kami datang ke rumah Dinas ini juga pada saat ada tamu dari Jayapura akmi juga di undang datang ke sini. Ketiga minggu depan Pak Luhut Binsar Panjaitan akan menghadiri wisuda bersama 340 mahasiswa lainnya, jadi kami merasa bangga bahwa calon wisudawan IT Del akan menyebar nanti. Dari Kabupaten Tolikara akan kedatangan angkatan yang kedua, jadi ini adalah yang pertama dan Angkatan ke-2 akan dimulai tahun depan untuk program studi Diploma IV. Dan beberapa anak-anak kami di sini mereka juga adalah orang-orang cerdas dan ada yang melanjut ke Diploma IV atau Sarjana.”Ujar Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D. mengakhiri”. Dilanjutkan sesi perkenalan satu persatu para mahasiswa IT Del dari Tolikara Papua.

Para mahasiswa ini menyampaikan kesan-kesan selama tinggal di kampus IT Del. Selama tinggal di IT Del mereka diperlakukan sama mahasiswa yang lainnya dan mengaku bahwa masyarakat Tobasa sangat baik dan menerima layaknya seperti anak kandung. Sehingga para mahaiswa dari Tolikara banyak yang telah mendapatkan marga Batak Toba antara lain Silalahi, Pangaribuan, Siahaan, Simanjuntak dan Aruan. Tidak ketinggalan juga acara syukuran ini turut dihadiri Para Tokoh Agama Muslim, Kristen, Khatolik, dan Tokoh adat dari berbagai Eknis Pujakesuma, Marga Silima Karo, Nias, Minang, Batak Toba, Para pimpinan OPD, Para PJU Polres Tobasa, Para Kabag Setdakab , Para Camat Se Kabupaten Tobasa, Kapolsek Balige AKP Jumpa Aruan , yang larut dalam kebahagiaan menyambut keberhasilan anak-anak Tolikara Provinsi Papua menyelelasaikan studi di IT Del Sitoluama yang dilaksankan di Gedung Panatapan Rumah dinas Bupati Tobasa.

Selesai acara kata sambutan dari Bupati, Rektor IT Del, dan tokoh adat lainnya dilanjutkan dengan makan bersama dengan menu asli dari Tolikara. Menu yang disajikan yaitu daging yang dimasak dengan cara di bakar dengan batu selama satu jam, hidangan tersebut dimakan tanpa nasi hanya sayur-sayuran dan ubi sebagai menu tambahannya dan dilanjutkan sesi acara hiburan. Pada sesi hiburan mahasiswa IT Del asal Tolikara Papua menyanyikan lagu batak yang berjudul ‘Mardua Holong’.

12 13 14 15 16 17 18 11