Visi dan Misi D-III Teknik Informatika
Program Studi D-III Teknik Informatika (Prodi D-III TI) adalah salah satu dari 3 (tiga) program studi yang dikelola oleh Institut Teknologi Del (IT Del) yang berdiri pada tahun 2001 sesuai SK No. 222/D/O/2001 tertanggal 28 September 2001 dengan nama Program Studi Teknologi Informasi. Program studi ini berlokasi di Jl. Sisingamangaraja, Desa Sitoluama, Kecamatan Laguboti, Toba Samosir, Propinsi Sumatera Utara berjarak kurang lebih 200 km (lima jam perjalanan mobil) dari Medan sebagai Ibukota Propinsi Sumatera Utara. Desa Sitoluama adalah suatu desa kecil yang berada di tepi Danau Toba dan dilalui oleh jalan raya lintas propinsi dan berjarak sekitar 10 KM dari Balige sebagai ibukota Kabupaten Tobasa.
Prodi D-III TI mempunyai sasaran untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang dapat menumbuhkan-kembangkan daya nalar, daya cipta, daya kreasi dan keterampilan yang tinggi, yang dapat dikomunikasikan dan diaplikasikan pada bidang kehidupan. Prodi ini memperoleh perpanjangan ijin penyelenggaraan Program Studi D-III Teknik Informatika (10802) sesuai dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 3649/D/T/2004 tertanggal 9 September 2004. Kemudian pada tanggal 11 Oktober 2007 memperoleh SK perpanjangan ulang No. 3169/D/T/2007 dengan sebutan nama program studi adalah Program Studi D-III Teknik Informasi (TI). Kemudian pada tanggal 3 Mei 2010 memperoleh SK perpanjangan ulang No. 1854/D/T/K-I/2010 dengan sebutan nama program studi kembali menjadi Teknik Informatika.
Prodi D-III TI membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pengetahuan pada subject core di bidang Teknik Informasi seperti Software Engineering, Object-Oriented Analysis and Design, Software Testing, Manajemen Proyek dan pembangunan perangkat lunak, dan bahasa pemograman Java serta meningkatkan keterampilan dan keahlian mahasiswa di dalam penggunaan teknologi dan aplikasi yang relevan dan berguna dalam penerapan Teknik Informatika di dunia kerja.
Lulusan D3 Teknik Informatika memiliki jenjang karir profesional di industri sebagai Software Engineer, Analyst Programmer, Web Application Developer, IT Support Personnel, dan Mobile Application Developer.
Tujuan
Tujuan dari program studi ini adalah :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keahlian untuk membangun aplikasi berskala besar dengan mengikuti seluruh fase pembangunan perangkat lunak dengan benar dan membuat dokumentasi lengkap dari proses pengembangan perangkat lunak serta memiliki kemampuan dalam proses pengujian dan pemeliharaan perangkat lunak serta memiliki keinginan untuk selalu mengembangkan diri dan meningkatkan keterampilan dan pengetahuan di bidang Teknik Informatika.
  2. Menciptakan dan menyelenggarakan iklim akademik yang kondusif dengan selalu menerapkan prosedur operasi standar.
  3. Meningkatkan manajemen pendidikan dan kompetensi dosen dan pegawai secara profesional
  4. Memberikan kesempatan kepada anak desa yang kurang mampu secara ekonomi dan memiliki kemampuan akademik untuk mengejar cita-citanya di bidang teknologi informatika.
Kompetensi
Kompetensi lulusan Prodi Teknik Informatika D3 yaitu:

  1. Mampu membangun, mengembangkan dan memelihara perangkat lunak dengan mengikuti dan menerapkan metode rekayasa perangkat lunak yang baik dan benar, yang mencakup perangkat lunak pada platform desktop, web, dan mobile.
  2. Selain mampu dalam bidangnya, juga mempunyai landasan yang cukup terhadap semua bidang dasar informatika: jaringan komputer, sistem informasi, dan teknologi informasi.
  3. Mampu untuk bekerja dalam tim.
  4. Mempunyai softskill yang sesuai yaitu disiplin dan sikap kerja yang profesional
Etika
Etika lulusan Prodi D-III TI yang diharapkan adalah sebagai berikut:

  1. Menjadi pekerja profesional di bidang Teknik Informatika yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menghormati orang lain untuk menjalankan ibadah agamanya masing-masing.
  2. Memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin, jujur, kreatif, mandiri dan bertanggungjawab.
  3. Dapat berkolaborasi dan bersinergi dengan orang lain dalam melaksanakan pekerjaan secara bersama (tim work).
  4. Menjunjung tinggi nama almamater dan profesi serta aktif mengembangkan diri sesuai dengan tuntutan profesinya.