Website Program Studi Teknik Elektro: http://s1ee.del.ac.id

Profil Lulusan dan Capaian Pembelajaran Lulusan Sarjana Program Studi Teknik Elektro

Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro berupaya untuk meningkatkan layanan yang baik kepada mahasiswa serta mampu menjawab keperluan industri melalui lulusan tenaga terdidik dan juga terampil di bidangnya. PSTE berdasarkan analisis SWOT dan diskusi dengan berbagai stakeholder menetapkan visi, misi, tujuan dan sasaran yang akan dilakukan dalam pelaksanaan kurikulum 2019. Visi, misi, tujuan, dan sasaran ini juga dirumuskan sejalan dengan visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Informatika dan Teknik Elektro.

Visi

Visi Program Studi Teknik Elektro adalah Mewujudkan program pendidikan Teknik Elektro yang unggul dan penyelenggaraan penelitian bidang Teknik Elektro yang bertaraf nasional pada tahun 2024

Misi

Misi Program Studi Teknik Elektro antara lain:

  1. Menyelenggarakan pendidikan teknik elektro yang bermutu dan profesional
  2. Menyelenggarakan penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan IPTEK
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik elektro khususnya di daerah rural
  4. Mengelola Program Studi Teknik Elektro secara efektif dan efisien.

Tujuan

Tujuan Program Studi Teknik Elektro antara lain:

  1. Menghasilkan tenaga profesional teknik elektro yang unggul, berakhlak mulia, dan mampu mengineternalisasi kehidupan Martuhan, Marroha, dan Marbisuk.
  2. Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat secara nasional dan internasional
  3. Menyebarluaskan pemanfaatan IPTEK dalam pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik elektro khususnya di daerah rural
  4. Menghasilkan sistem penyelenggaraan pendidikan program studi teknik elektro yang efisien dan efektif

Sasaran

Sasaran dari tujuan pertama (Menghasilkan tenaga profesional teknik elektro yang unggul, berakhlak mulia, dan mampu mengineternalisasi kehidupan Martuhan, Marroha, dan Marbisuk.):

  1. Memiliki lulusan sarjana dengan nilai IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) 3,00, TOEFL 500, lulus tepat waktu (4 tahun), dan masa tunggu kerja setelah lulus maksimal 6 bulan.
  2. Memiliki kurikulum yang mengacu kepada standar Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET) dan mempunyai mata kuliah yang berisikan pendidikan akhlak (misal: agama, etika profesi, kewarganegaraan dan kewirausahaan)
  3. Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang berbasis multimedia.
  4. Dosen berkualifikasi minimal S2.
  5. Kualifikasi mahasiswa baru yang baik.
  6. Keterlibatan mahasiswa dalam penelitian bersama dengan dosen.

Sasaran dari tujuan kedua (Menghasilkan karya ilmiah yang bermutu dan bermanfaat bagi masyarakat secara nasional dan internasional):

  1. Hasil penelitian yang dipublikasikan ke jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional.
  2. Memiliki Memorandum of Understanding (MoU) dengan beberapa pihak untuk menyelenggarakan konferensi dan publikasi karya ilmiah.
  3. Terjalinnya kerjasama yang sinergis dengan pihak luar untuk melaksanakan penelitian bersama.

Sasaran dari tujuan ketiga (Menyebarluaskan pemanfaatan IPTEK dalam pengabdian kepada masyarakat dalam bidang teknik elektro khususnya di daerah rural)

  1. Hasil inovasi tepat guna digunakan oleh masyarakat khususnya di daerah rural.
  2. Menjalin kerja sama dengan stakeholder untuk pengembangan teknologi yang bermanfaat dan tepat guna.

Sasaran dari tujuan keempat (Menghasilkan sistem penyelenggaraan pendidikan teknik elektro yang efektif dan efisien)

  1. Menerapkan standar internasional ABET pada kurikulum PSTE yang sudah dimulai sejak tahun 2014 pada awal pendirian PSTE.
  2. Menyediakan sarana dan prasarana perkuliahan (ruang kelas, laboratorium) dilakukan dengan meningkatkan pendapatan dana masyarakat, yayasan, dan pihak luar.
  3. Mendorong dosen-dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendapatkan dana hibah dari Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Utara, pemerintahan kabupaten/kota, Corporate Social Responsibility (CSR) dan DRPM Kemenristekdikti.
  4. Meningkatan kualitas dosen dilakukan dengan mendorong dosen untuk melakukan studi lanjut (S3 ataupun Post Doc) melalui dana Kemenristekdikti, Lembaga Penyelanggara Dana Pendidikan (LPDP), Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI), yayasan dan sponsor lainnya.
  5. Mempromosikan PSTE IT Del di tingkat nasional maupun internasional. Kegiatan promosi dilakukan dengan perlombaan pemrograman PLC, perlombaan robotika, pemberitaan di media cetak dan elektronik, penyebaran brosur, dan pembuatan website PSTE.

Capaian Pembelajaran

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Teknik Elektro disajikan pada Tabel 1. Dalam rangka memastikan bahwa butir-butir Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) yang telah dirumuskan sesuai dengan kompetensi/kemampuan profil lulusan PSSTE, maka setiap butir CPL dipetakan terhadap profil lulusan Program Studi Sarjana Teknik Elektro. Hasil pemetaan CPL terhadap profil lulusan PSTE disajikan pada Tabel 1.

Table 1 Pernyataan Capaian Pembelajaran

Program Studi: Sarjana Teknik Elektro
Sikap

S1

 

S2

 

S3

 

S4

 

S5

 

S6

 

S7

S8

S9

 

S10

S11

 

1.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

2.     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

3.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan  Pancasila;

4.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.     Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.     Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.     Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.     Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

10.  Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;

11.  Menginternalisasi karakter Del, Martuhan, Marroha, dan Marbisuk

Penguasaan Pengetahuan

PP1

 

 

PP2

PP3

PP4

1.     Menguasai konsep matematika, sains dan rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, komponen atau proses dalam bidang teknik elektro;

2.     Memiliki pengetahuan tentang isu-isu terkini dalam bidang teknik elektro,

3.     Memiliki pengetahuan tentang ekonomi, sosial, ekologi dan bisnis.

4.     Mampu berkomunikasi dengan baik serta mampu menjelaskan ide dan gagasan dengan lugas dan konkrit

Keterampilan Umum

KU1

 

 

 

KU2

KU3

 

 

 

 

 

KU4

 

 

KU5

 

 

KU6

 

KU7

 

 

KU8

 

 

KU9

 

1.     Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang teknik elektro;

2.     Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;

3.     Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

4.     Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;

5.     Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

6.     Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;

7.     Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;

8.     Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;

9.     Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

Keterampilan Khusus (ABET Student Outcomes)

KK1

 

 

 

KK2

 

 

 

KK3

 

 

KK4

 

 

 

 

KK5

 

 

 

 

 

 

KK6

 

 

 

 

KK7

 

 

 

 

 

 

KK8

1.     Mampu menerapkan matematika, sains, dan prinsip rekayasa (engineering principles) untuk menyelesaikan masalah rekayasa kompleks pada sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel;

2.     Mampu menemukan sumber masalah rekayasa pada sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel; melalui proses penyelidikan, analisis, interpretasi data dan informasi berdasarkan prinsip-prinsip rekayasa;

3.     Mampu melakukan riset yang mencakup identifikasi, formulasi dan analisis masalah rekayasa pada sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel;

4.     Mampu merumuskan solusi alternatif untuk masalah rekayasa pada sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan (environmental consideration);

5.     Mampu merancang, mengimplementasikan, menguji, mengoperasikan, dan pemeliharaan sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel dengan pendekatan analitis dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial dan lingkungan;

6.     Mampu memilih sumber daya dan memanfaatkan perangkat perancangan dan analisis rekayasa berbasis teknologi informasi dan komputasi yang sesuai untuk melakukan aktivitas rekayasa pada sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel;

7.     Mampu memanfaatkan teori, rancangan dan analisis rangkaian, pemrograman komputer, perangkat lunak yang bersesuaian, perangkat analog dan digital elektronika, microcomputer/microcontroller, dan standar teknis untuk  merancang, mengimplementasikan, menguji, mengoperasikan, dan pemeliharaan sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel;

8.     Mampu mengaplikasikan prinsip manajemen proyek pada sistem elektronika, sistem kendali (control system), jaringan komputer terdistribusi dan sistem komunikasi nirkabel;