Tenun mungkin saja terasa asing untuk Anda. Akan tetapi bagi Institut Teknologi Del Tenun selain memiliki potensi seni dan budaya juga memiliki potensi ekonomi.  Pada 12 Desember 2018 di Sitoluama telah sukses dilakukan soft launching aplikasi dan website DiTenun yang dihadiri oleh Rektor Institut Teknologi Del yaitu Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., Bapak Patuan Simatupang, 9 orang penenun dari Kabupaten Humbang Hasundutan, dan 7 orang penenun dari Kabupaten Silaen.

web

Aplikasi mobile DiTenun merupakan piranti cerdas penghasil aneka ragam motif tenun Nusantara secara otomatis dan cepat. Selain menghaislkan motif juga dapat membuat lembar kerja kristik yang memudahkan penenun untuk bekerja. Saat ini DiTenun fokus pada Tenun Ulos.

Website DiTenun dapat diakses di ditenun.com. Website ini berfungsi untuk membuat motif baru, membuat lenbar kristik tenun, dan menjual produk turunan Ulos. Selain itu fungsi utama website adalah untuk mempublikasikan para penenun yang disebut sebagai “Pahlawan Tenun”.

Pengembangan aplikasi dan website DiTenun masih gencar dan penuh semangat dilakukan oleh Tim DiTenun yang dimpin oleh r. Arlinta Christy Barus, ST., M.InfoTech. DiTenun ini merupakan sebuah riset inovasi yang didanai oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan Republik Indonesia ke Institut Teknologi Del.

Diharapkan DiTenun memberikan dampak untuk kesejahteraan penenun khususnya Tenun Ulos.

Sukses untuk DiTenun…

345672