Sitoluama, Pada 9-10 November 2018 telah sukses digelar Toba Entrepreneurship Festival 2018 (TEF 2018), sebuah event yang mendatangkan keynote speaker dan bisnis brand lokal dan internasional, pengusaha, startup founder, leading technology provider, investor seperti bank, pembuat kebijakan dan pembicara nasional. Event ini dilaksanakan di Institut Teknologi Del selama dua hari dengan dua kegiatan utama yaitu Business Plan Competition (BPC) yang diikuti oleh mahasiswa dari Perguruan Tinggi Negri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Indonesia serta workshop dari speaker dan founder startup nasional dan internasional serta angel investor. Sponsor utama Toba Enterpreneurship Festival terbesar di kawasan Toba ini  adalah Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT). Event ini dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan Institut Teknologi Del, Dr. Arlinta Christy Barus S.T., M.InfoTech

213

Pada hari pertama, seminar dibuka oleh perwakilan dari Gerakan 1000 startup yang diwakili oleh Founder Lindungihutan.com oleh Miftachurrobani, kemudian dilanjutkan oleh Rommy Fauzi yang merupakan Direktur Industri Pariwisata dari Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT), Wahyu Binuko dari Area Head Bank Mandiri, Christopher Angkasa yang merupakan founder Clapham Co, Reza Chen dari PT RUMA. Workshop juga dilakukan via skype dengan Nodexus, University of Barkeley dan juga Helmut Ramseuer yang merupakan founder Silicon Vistal Germany. Kegiatan workshop diselingi dengan kegiatan pitching dari 10 finalist Business Plan Competition diantaranya: Institut Teknologi Del, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Sumatera Utara yang sebelumnya telah diseleksi dari 42 proposal dari berbagai perguruan tinggi Indonesia.

TEF 2K18_PRO1-4512Pada hari kedua kegiatan yang berlangsung adalah workshop dan diskusi panel. Workshop disampaikan oleh David Hutagalung yang merupakan Country Director of General Electric Power dan  DR Frederik Situmeang yang merupakan Associate Professor of Digital Innovation and Marketing di Universty of Amsterdam, Josephine Sembiring dari Pak Tani Digital. Workshop via skype juga dilakukan dengan Dayu Dara Permata yang merupakan Co-Founder GoLife dan Pamitra Wineka yang merupakan Co-Founder Tani Hub. Kegiatan workshop diselingi dengan diskusi panel dengan pengusaha lokal, Trisna Pardede dari Batikta dan Erick dari Mapaya.id yang dipimpin langsung oleh Ketua TEF 2018, Ricardo Situmeang. Pemenang dari Business Plan Competition diumumkan di penghujung acara dimana pemenang pertama dari Business Plan Competition adalah Institut Teknologi Del, pemenang kedua Institut Pertanian Bogor dan pemenang ketiga Institut Teknologi Bandung.

Bapak Rommy Fauzi selaku perwakilan dari BOPDT mengungkapkan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini dan berharap akan muncul inovasi dan bibit-bibit baru yang dapat membantu pengembangan pariwisata di kawasan danau toba.

TEF 2K18_PRO-2572Toba Entrepreneurship Festival terbesar di kawasan Toba ini ditutup dengan trip ke air terjun Situmurun yang menjadi salah satu objek wisata Toba Samosir yang berlokasi di Desa Situmurun Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir yang berjarak 70 km dari Kota Balige.