Laguboti, 29 Oktober 2018, Diskusi Panel Bangso Batak merupakan forum yang sangat penting untuk dilaksanakan karena inilah sebagai anggapan sarana sharing serta tukar pendapat mengenai bagaimana cara yang baik dan benar, cara membangun kawasan Danau Toba berbasis industri pariwisata berkelas dunia yang memiliki tujuan pokok yaitu meningkatkan masuknya wisata Internasional dan wisatawan Lokal ke kawasan Danau Toba.

1

Para pelaku bisnis hotel, makanan, permainan dan interpreneur yang tinggal di kawasan Danau Toba itu sendiri. Oleh karena itu, kami dari panitia pelaksanaan Bangso Batak/Jabuide Communication membuat acara ini dengan dapat berjalan beriringan dengan keinginan Pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk memajukan pariwisata Danau Toba menjadi tujuan utama 10 daerah wisata di Indonesia dan memang saat ini sudah ada terlihat peningkatan masuknya wisatawan local dan asing menuju kawasan Danau Toba yaitu melalui pintu bandara Silangit dan Pelabuhan Kuala Tanjung.

Kawasan Danau Toba telah membuka diri dengan sejumlah fasilitas pendukung yang baik seperti infrastruktur, transportasi, hotel, restoran dan terkhusus tentang usaha kecil menengah seperti toko oleh-oleh atau souvenir. Kita harus juga dapat meyakinkan bahwa dampak berkembangnya pariwisata Danau Toba akan membawa dampak yang sangat baik akan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Untuk mendiskusikan hal tersebut dan agar tujuannya dapat dicapai, maka panitia mengharapkan kehadiran para undangan yang sudah kita kirimkan ke 150 orang dan terutama untuk :

1. Para Bapati yang ada di kawasan Danau Toba
2. Para Penguasaha Kadin Sumatera Utara
3. Para Kepala Dinas Kominfo sekawasan Danau Toba
4. Pengusaha Travel
5. Para Kepala Dinas Parawisata sekawasan Danau Toba
6. EGM dan staf Bandara Silangit
7. Pelindo I/Kuala Tanjung
8. Pengusaha oleh-oleh dan souvenir
9. Tokoh Agama dan Tokoh Adat Masyarakat Batak
10. Rektor, Dekan, Kepala Sekolah, Guru dan Dosen SMK Pariwisata
11. Para pengusaha perhotelan dan losmen di seluruh kawasan Danau Toba
12. Kepala Dinas Pertamanan diseluruh kawasan Danau Toba
13. Kepala Dinas PUPR sekawasan Danau Toba
14. Masyarakat pecinta pengguna Internet
15. APJII daerah
16. BUMN/PT Hutama Karya, Inalum, dll

Hasil dari acara diskusi panel ini akan menunjukkan kepada Indonesia dan dunia bahwa kawasan pariwisata Danau Toba sudah sangat siap untuk menjadi tujuan wisatawan dan jika kita lihat dari perkembangnnya, juga sudah sangat baik. Kita, masyarakat, terutama yang ada di komunitas medsos Bangso Batak, juga kut aktif untuk ikut peduli dan aktif menyuarakan kepada dunia bahwa Danau Toba sangat layak untuk dikunjungi.

DSC_0295 DSC_0283 DSC_0281