FORTEI, Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia, merupakan wadah komunikasi dan diskusi pelaksana pendidikan tinggi rumpun Teknik Elektro seluruh Indonesia. Program Studi Teknik Elektro, Institut Teknologi Del telah menjadi anggota sejak 2017 dan berusaha menempatkan diri  untuk memberi dampak yang mendukung kemajuan Teknik Elektro.

12

Musyawarah Nasional FORTEI 2018 dilaksanakan di Kota Batu, Malang, Jawa Timur pada tanggal 11-13 Oktober 2018. Panitia penyelenggara tahun ini adalah Program Studi Teknik Elektro Universitas Brawijaya. Munas FORTEI 2018 melaksanakan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua FORTEI untuk masa jabatan 2018-2020. Institut Teknologi Del menempatkan Ketua PSTE  Indra Hartarto Tambunan, PhD, sebagai salah satu calon wakil ketua meskipun tidak terpilih secara musyawarah.  Ketua dan wakil ketua terpilih adalah dari UGM dan UB.

Dalam Munas kali ini, dibentuk juga badan Assosiasi Profesi Teknik Elektro Indonesia (APTEI) sebagai badan assosiasi legal FORTEI yang akan membidangi pembinaan kepakaran dosen teknik elektro dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ditetapkan di Munas tersebut dan disetujui oleh seluruh anggota munas.

Selain hal tersebut, FORTEI juga melaksanakan workshop persiapan akreditasi standar baru BAN-PT, workshop kurikulum Teknik Elektro, dan sosialisasi serba-serbi pengurusan kenaikan pangkat Lektor Kepala dan Guru Besar Teknik Elektro.

Melihat pentingnya kesempatan untuk menjadi panitia penyelenggara Temu Nasional FORTEI 2019 yang diserahkan kepada regional Sumatera, Institut Teknologi Del mendaftarkan diri sebagai salah satu calon tuan rumah Temu Nasional FORTEI 2019. Terdapat 6 universitas lain dari Sumatera yang menawarkan diri menjadi tuan rumah, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Padang, Institut Teknologi Padang, Universitas Sriwijaya, Universitas Bengkulu, dan Universitas Lampung. Universitas Negeri Padang terpilih menjadi panitia penyelenggara Temu Nasional FORTEI 2019 melalui voting dari seluruh anggota.

Semoga FORTEI semakin jaya! Sampai jumpa di Bukit Tinggi tahun depan.

Hasil Perolehan Suara Panitia Penyelenggara Munas 2019 WhatsApp Image 2018-10-12 at 23.30.49 WhatsApp Image 2018-10-12 at 23.26.59 WhatsApp Image 2018-10-12 at 23.23.23