Pagi ini, bertempat di Auditorium IT Del, mahasiswa IT Del mendapatkan sosialisasi tentang Kebijakan Keluatan Indonesia yang dibawakan langsung oleh Bapak Arif Havas Oegroseno selaku Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim, Kementerian Koordinator Kemaritiman. Kuliah umum ini juga dihadiri oleh perwakilan dari beberapa dinas di Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir.

Kehadiran Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dalam hal ini diwakili oleh Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim Arif Havas Oegroseno menjadi agenda penting dalam berbagi pengalaman, pemahaman dan pandangan terkait kebijakan kelautan Indonesia (Perpres No.16 tahun 2017).

Acara dibuka dengan kata sambutan dari Bapak Rektor IT Del Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D. Dalam kata pembukaannya beliau terlebih dahulu menceritakan tentang sejarah berdirinya IT Del dan menjelaskan tentang profil. IT Del.

Pada kesempatan ini Deputi Kedaulatan Maritim Arif Havas Oegroseno yang juga pernah menjabat sebagai Dubes Indonesia untuk Belgia, Luksemburg dan Uni Eropa memaparkan materi mengenai Kebijakan Kelautan Indonesia, lintas batas negara dan latar belakang sejarah Indonesia sebagai negara maritime. Kuliah umum yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

“Terdapat 5 pilar Kebijakan Kelautan pemerintahan Jokowi-JK yaitu budaya kemaritiman, ekonomi kemaritiman, infrastruktur kemaritiman, diplomasi kemaritiman dan keamanan kemaritiman.” kata beliau.

Setelah selesai sesi Tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Sayembara Menulis Essay Poros Maritim Dunia.

Dengan mengikuti kuliah umum seperti ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan menambah wawasan kepada mahasiswa mengenai peranan Indonesia dalam dunia maritim Internasional.

 

 

DSC_0019