Jumat, 22 september 2017 IT Del kedatangan tamu dari PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia yakni Bapak Dr. Adjie Sapta. Pada kesempatan ini beliau memberikan kuliah umum kepada mahasiswa jurusan Manajemen Resiko dengan tema Monozukuri pada Toyota Production System (TPS).
Dalam kuliah umum ini hadir Dekan Fakultas Teknologi Industri IT Del Bapak Dr. Yosef Sarbarita Manik S.T., M.Sc dan beberapa dosen Manajemen Resiko.
Monozukuri adalah filosofi bagaimana membuat barang dengan proses yang selalu dilakukan perbaikan terus menerus sehingga hasil finalnya sangat baik, dengan bertumpu pada kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kompeten. Toyota Production System (TPS) bisa dikatakan sebagai tools atau metode untuk produksi industri Toyota dengan tingkat efisiensi yang tinggi. Prinsip-prinsip dalam TPS ini lahir dari salah satu karakter budaya bangsa Jepang, yaitu Monozukuri.
Dalam pemaparannya Bapak Dr. Adjie Sapto mengatakan Toyota Production System (TPS) itu bukan hanya bagaimana menciptakan produk melainkan diawali dari kesediaan sumber daya manusia (pekerja harus dilatih, memiliki kemampuan dan potensi). SDM merupakan asset terbesar dan memiliki pengaruh besar dalam produksi. Dalam melakukan produksi, setiap pos/tahapan tidak boleh menerima produk cacat, tidak akan membuat cacat dan tidak akan memberikan cacat, karena Toyota Production System (TPS) merupakan proses berkesinambungan utk mendapat produk yg memuaskan/tdk cacat. Dalam produksi semua diawali dari market survey. Berdasarkan market survey akan diperoleh apa yg benar-benar dibutuhkan konsumen.
Diakhir acara, Rektor IT Del Bapak Prof. Togar Simatupang M. Tech., Ph.D. memberikan cinderamata kepada Bapak Dr. Adjie Sapto. Semoga dengan kuliah umum seperti ini dapat menambah pengetahuan para mahasiswa.

DSC_0109