Global Undergraduate Exchange Program atau lebih dikenal dengan singkatan Global UGRAD adalah sebuah beasiswa exchange prestisius bagi mahasiswa S1 ke Amerika Serikat. Beasiswa ini tidak seperti beasiswa kursus bahasa Inggris tapi lebih ke mendapatkan pengalaman untuk belajar di berbagai universitas2 terkemuka di Amerika Serikat selama satu semester atau dua semester (satu tahun akademik) plus English Intensive up to 3 months bagi beberapa grantees.
Global UGRAD adalah program dari US Department of State sebagai sponsor utama plus dimanage oleh World Learning di Washington DC yang mengurus segala keperluan kita di Amerika dan yang memilih kita sebagai grantee. Sebelum terpilih ke Amerika, masing2 applicant di manage oleh US embassy di negaranya atau oleh Institusi yang mengatur beasiswa Fulbright di beberapa negara seperti di Indonesia yang di kelola oleh AMINEF (American-Indonesian Exchange Foundation).
Tujuan dari beasiswa ini adalah untuk menjembatani hubungan antar negara2 target dengan Amerika Serikat melalui cultural dan academic exchange di Univ2 di Amerika. Beasiswa ini membantu emerging students dari berbagai negara untuk melatih sense of leadership dengan belajar dan berinteraksi dengan US culture and society. Beasiswa ini adalah non-degree namun tetap harus mengikuti segala ketentuan dari pihak host univ di Amerika seperti layanknya regular student.
Institut Teknologi Del pantas berbangga karena salah satu mahasiswanya dari jurusan Manajemen Rekayasa berhasil lulus dari ribuan peserta yang mendaftar dan berhak mendapatkan kesempatan berkuliah selama 1 (satu) semester di Amerika Serikat tepatnya di Minnesota University. Mahasiswa berprestasi tersebut adalah Marselo Hamonangan Sitorus, mahasiswa tingkat 2 (2015) dari jurusan Manajemen Rekayasa.
Ditahun ini mahasiswa asal Indonesia yang berhasil lulus dalam Global Undergraduate Exchange Program berjumlah 5 (lima) orang, yakni dari Bengkulu, Nusa Tenggara Timur (Kupang), Kalimantan dan tentunya dari Desa Sitoluama Laguboti. Ini merupakan salah satu bukti walaupun berada didaerah terpencil namun mahasiswanya masih dapat berprestasi bahkan sampai ke Amerika Serikat.
Selama berkuliah di Minnesota University, nantinya seluruh biaya seperti biaya kuliah, biaya makan, tempat tinggal, uang saku dan bahkan asuransi kesehatan ditanggaung oleh pemerintahan Amerika Serikat.
Semoga setelah kembali ke IT Del, nantinya Marselo dapat membagikan pengalamannya selama berkuliah disana dengan teman-teman lain dan dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa lain untuk dapat lebih prestasi.
Bravo IT Del, Jayalah selalu !