Fakultas Bioteknologi adalah termasuk fakultas baru di IT Del dengan prodi yang dimiliki S1 Teknik Bioproses. Walaupun baru jurusan ini termasuk jurusan favorit karena jurusan ini hanya ada ditiga Perguruan Tinggi di Indonesia termasuk Del.

Teknik Bioproses sendiri adalah cabang ilmu teknik, yang menggarap proses‐proses konversi biomasa tumbuhan, hewan atau mikroorganisme, melalui reaksi biokimia dengan memanfaatkan biokatalis atau enzim, menjadi bahan lain yang dipandang lebih bernilai, seperti makanan, pakan ternak, obat-obatan, bahan kimia, polimer, atau bioenergi, yang dilaksanakan pada skala industri.

Program Studi Teknik Bioproses di Institut Teknologi Del memiliki kurikulum yang dirancang agar lulusannya memiliki kompetensi mampu merancang, menganalisis, mengoperasikan, mengendalikan proses‐proses di industri, dan mengevaluasi profitabilitas pendirian sistem produksi, khususnya industri yang menerapkan bioproses. Selain itu juga mampu menerapkan pengetahuannya di bidang‐bidang lain yang penanganannya bertumpu pada bioproses, seperti masalah limbah dan polusi lingkungan, operasi‐operasi pendukung di bidang kedokteran, maupun sebagai tenaga peneliti. Lingkup kerja lulusan memerlukan kemampuan berkomunikasi yang efektif, mempunyai kemampuan softskill serta berbahasa Inggris yang baik.

Fakultas Teknik Bioproses sendiri mempunyai 6(enam) Labolatorium yakni Labolatorium Kimia Dasar, Labolatorium Fisika Dasar, Labolatorium Pengendalian Proses dan Analisis Instrumental, Labolatorium Biologi Umum dan Kimia Fisik, Labolatorium Kimia Organik dan Biokimia dan Labolatorium Mikrobiologi dan Genetika Molekular.

Dekan dari Fakultas ini adalah Ibu Dr. Merry Meryam Martgrita, beliau adalah lulusan dari ITB, sedangkan Kaprodinya adalah Ibu Adelina Manurung, S.Si, M.Sc, beliau adalah lulusan dari University of Applied Sciences Bremerhaven. Fakultas ini sendiri sudah berjalan selama kurang lebih tiga tahun.

Untuk adik-adik yang berminat bergabung di Fakultas ini atau Fakultas lainnya yang ada di IT Del, kalian masih dapat mendaftarkan diri melalui http://spmb.del.ac.id. Pendaftaran masih dibuka sampai tanggal 22 juli 2017 pukul 12.00 wib.

Dengan memilih Perguruan Tinggi yang berkualitas, kalian juga akan mendapatkan pendidikan berkualitas.

 

Gedung Fakultas Bioteknologi

Gedung Fakultas Bioteknologi