Jumat, 9 Juni 2017 bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) DEL pertemuan seluruh perangkat desa sekabupaten Toba Samosir dilaksanakan. Dihadiri lebih dari 400 orang  perangkat desa acara ini berlangsung dengan sangat baik.

IT Del mengandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tobasa untuk menjalin kerjasama dengan ma­syarakat desa, sehingga mereka dapat membangun dari infrastruktur, prasarana, pengembangan kelemba­gaan kemudian mereka juga mening­katkan ekonomi lokal.

Kadis PMD Drs. Wasir Simanjuntak menyebutkan agar bagaimana desa membangun? Desa membangun berarti potensinya harus ada yakni potensi manusia dan potensi alam, sekarang bagaimana memanfaatkan potensi alam menjadi kesejahteraan. Harus ada potensi manusianya. Potensi manusia ini perlu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan zaman. Dimana Teknologi menjadi salah satu hal penting dalam membangun desa.

“Jadi semuanya saling berkaitan, desa membangun harus didukung kemampuan pemanfaatan teknologi. Kita bersyukur ada DEL yang saat ini menawarkan programnya untuk membangun SDM masyarakat desa. Ada banyak program yang ditawarkan dan itu sangat kita butuhkan untuk membangun desa,” ujarnya.

Rektor IT Del Bapak Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D mengatakan, IT Del menawarkan sangat banyak program untuk membangun desa. Tujuannya adalah bagaimana IT Del dapat berpartisipasi mendukung program desa membangun di Tobasa melalui kemitraan dengan pemerintah kabupaten dan pemerintahan desa.

Dalam diskusi ini ada sekitar 14 Dosen dari IT Del mempresentasikan program-program meraka untuk membangun desa diantaranya program berbasis informasi tegnologi (IT), seperti perencanaan anggaran, penganggaran, kontrak kerja dan hal lainnya menyangkut desa. Ada juga program yang menawarkan pelatihan bahasa inggris demi mendukung tobasa sebagai tujuan wisata internasional. Kemudian, juga berbagai program pelatihan, seperti pendampingan pengolahan limbah organik, pemurnian air, pengembangan kreatifitas jenis usaha berbahan Ulos, pelatihan pengembangan dan pembinaan karakter perangkat desa, peningkatan SDM penggunaan aplikasi infodes, aplikasi pantaujuma dan emora, penyusunan RPJMD dan RKP Desa, pengembangan aplikasi desa sejahtera, pelatihan penanganan pasca panen cabai merah dan sejumlah program lainnya.

Setelah seluruh presentasi selesai dipaparkan dilanjutkan dengan sesi Tanya jawab dari pihak perangkat desa. Disini terlihat bagaimana antusiasnya perangkat desa tersebut untuk selangkah lebih maju dalam membangun desa mereka masing-masing.

Semoga dengan diskusi seperti ini akan membawa dampak positif bagi pembangunan Kabupaten Toba Samosir khususnya bagi masyarakat pedesaan.

 

Kadis PMD Bapak Wasir Simanjuntak dalam kata sambutannya

Kadis PMD Bapak Wasir Simanjuntak dalam kata sambutannya