Pagi ini, PT. Shell yang diwakili oleh Bapak Henry Rihard Pasaribu yang merupakan Team Leader Wells R&D Shell Projects & Technology dan Bapak Indra Maizir perwakilan Shell Jakarta. Kunjungannya ini untuk memberikan kuliah umum dengan tema “The Roles of the IT in Safety anf Eficiency of Drilling Operations”.
Bertempat di Auditorium IT Del tepat pukul 09.00 wib kuliah umum dimulai. Terlihat jelas antusias dari Mahasiswa untuk mengikuti kuliah umum ini. Bapak Henry memulai kuliah umum ini dengan memaparkan tentang Shell. Shell adalah grup perusahaan energi dan petrokimia global dan merupakan sebuah perusahaan energi terintegrasi yang berkomitmen untuk memenuhi permintaan energi dunia yang semakin meningkat melalui cara-cara yang bertanggung jawab secara ekonomi, lingkungan, dan sosial. Shell sendiri dikenal dengan nama Royal Dutch Shell plc didirikan di Den Haag pada tahun 1890, untuk Indonesia sejarah dimulai sejak tahun 1884, dimana salah seorang warga Negara Belanda menemukan jejak minyak di Sumatera Utara tepatnya di Pangkalan Brandan.
Shell sendiri merupakan sebuah grup perusahaan energi dan petrokimia global yang memiliki sekitar 93.000 karyawan di lebih dari 70 negara. Dengan menggunakan teknologi canggih dan menerapkan pendekatan inovatif untuk membantu membangun masa depan energi yang berkelanjutan.
Shell dalam Kuliah Umum ini menjelaskan tentang cara kerja perusahaan mereka dalam mengelola minyak, mulai dari cara menemukan sumber minyak, cara pengambilan minyak tersebut sampai dengan pengelolaan bahan mentah menjadi minyak, gas atau oli yang bisa kita langsung kita konsumsi seperti sekarang ini.
Bapak Henry juga mengatakan mereka sangat menyadari bahwasanya IT sangatlah penting peranannya dalam perusahaan sebesar Shell. Beliau mengatakan semoga nantinya akan ada mahasiwa dari IT Del yang bisa bergabung bersama Shell dalam mengurusi bidang IT.
Beliau juga mengatakan Shell sangat sadar bahwa tidak semua orang pintar bekerja di Shell , maka dari itu mereka memberikan kesempatan pada semua orang yang mau memberikan ide-ide yang menarik kepada perusahaan ini. Mereka akan menampung semua ide yang masuk dan apabila ide tersebut dianggap mereka memang menarik dan menghasilkan, maka Shell bersedia membiayai proyek tersebut. Karena menurut mereka Inovasi merupakan hal yang sangat dikedepankan.
Setelah selesai memberikan kuliah umum ini,Bapak Henry memberikan kesempatan bagi semua yang hadir untuk mengajukan pertanyaan seputar Shell. Salah seroang mahasiswa memberikan pertanyaan menarik “apakah pernah Shell mengalami kerugian?”, dan langsung dijawab oleh Bapak Henry, bahwa Shell tentunya pernah mengalami kerugian misalnya minyak yang didapan tidak sesuai dengan prediksi, sementara biaya yang dikeluarkan sudah lumayan besar. Ada juga yang bertanya mengenai bagaiman cara untuk dapat bekerja di Shell dan masih banyak pertanyaan lainnya.
Diakhir acara, Bapak Rektor IT Del Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M. Tech., Ph.D memberikan kenang-kenangan kepada Bapak Henry berupa Ulos yang langsung dipakaikan kepada beliau.

 

 

????????????????????????????????????

????????????????????????????????????