Senin, 15 mei 2017 IT Del menerima kunjungan KPK keduputian bidang pencegahan Fungsional Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat yang diwakili oleh Bapak Masagung Dewanto.

Bertempat di Auditorium IT Del, Bapak Masagung memberikan Kuliah Umum dengan tema “Mahasiswa sebagai generasi anti-korupsi dan penerapan teknologi dalam mengawal pembangunan desa yang bebas    korupsi”. Dihadiri langsung perwakilan Pemerintahan Kabupaten Toba Samosir yakni Wakil Bupati Bapak Ir. Hulman Sitorus, MM beserta jajaran, mahasiwa, Bapak Rektor Prof.Ir. Togar M. Simatupang M. Tech., Ph.D,, Ketua Yayasan Del Sumatera Utara Bapak Partumpuan Naiborhu, Wakil Rektor III Bapak Dr. Ir. Bambang SP Abednego dan beberapa Dosen IT Del serta Kepala Dinas PMD PPA Drs.Wasir Simanjuntak,  Inspektur Kabupaten Dr.Wallen Hutahaean, dan Drs. Wilker Siahaan Kadis Kominfo

Kata sambutan pertama dibuka oleh Bapak Wakil Bupati yang mengucapkan terimakasih banyak atas kunjungan KPK yakni Bapak Masagung Dewanto ke Kabupaten Toba Samosir. Dan menyambut baik kehadiran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI yang memberikan pencerahan dalam bentuk kuliah umum untuk mahasiswa Institut Teknologi (IT) DEL .

Mengenai kampus IT DEL, Bapak Hulman Sitorus mengatakan bahwa IT DEL mempunyai kontribusi dalam menyiapkan para Aparatur Desa supaya menguasai administrasi dengan dasar-dasar  ilmu komputer. ‘”Di tempat ini para aparatur desa sekabupaten Tobasa telah mendapatkan pelatihan,” kata Hulman Sitorus.

Dalam presentasinya Bapak Masagung memberikan penjelasan tentang apa saja yang menjadi agenda kerja KPK guna mengurangi tingkat korupsi di Indonesia. “Sumatera Utara termasuk satu dari beberapa kota yang menjadi target KPK karena melihat dari sekian banyak pelaporan kasus korupsi adalah dari Sumatera Utara, selain itu Banten dan Riau dan beberapa daerah khusus seperti Papua, Papua Barat dan Aceh” ucap Bapak Masagung Dewanto.

Dalam sesi tanya jawab perawakilan dari pemkab Tobasa Yakni Kepala Dinas PMD PPA Drs.Wasir Simanjuntak bertanya tentang bagaimana peranan KPK dalam memberantas Korupsi yang didasarkan oleh dorongan keluarga. Bagaimana peranan KPK dalam memberikan pandangan terhadap keluarga bahwa korupsi dalam hal apapun itu adalah salah. Ternyata KPK telah membentuk tim khusus untuk menangani hal tersebut.

Kegiatan pencegahan korupsi, sejatinya memang harus menyentuh semua lini dan lapisan masyarakat. Setelah para orangtua mendapatkan pelatihan, ada satu kelompok masyarakat yang juga tidak boleh diabaikan, yakni kelompok anak dan remaja.

Khusus anak, KPK membuat sebuah film animasi berjudul Sahabat Pemberani. Film ini menceritakan kisah petualangan tiga sahabat, yaitu Kirana, Panji dan Krisna.  Selain menghibur, film ini sarat dengan pesan serta nilai-nilai kebaikan seperti jujur, peduli, mandiri, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, berani dan adil. Nilai-nilai tersebut tercermin dari kepribadian tiga sahabat yang berani dalam setiap petualangan.

Menurut Masagung, langkah ini dipilih sebab anak memang memiliki kesukaan dengan dunia film. Dan film, merupakan medium yang baik untuk menanamkan nilai-nilai pada penontonnya. Tentu saja, film yang disajikan untuk anak, mestilah menanamkan nilai-nilai positif agar anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Beberapa mahasiswa juga bertanya tentang apa peranan nyata mahasiswa  dalam memberantas korupsi, apa yang bisa dilakukan agar tidak korupsi. Ternyata pertanyaan mahasiswa ini mendapat apresiasi dari Masagung, menurut beliau jarang ada mahasiswa yang mengkritik dirinya sendiri, Ini adalah kemajuan dan modal untuk masa depan yang lebih baik, kata Mas Agung.

Pada akhir presentasinya Bapak Masagung memohon doa dan dukungan semua pihak termasuk mahasiswa karena upaya pelemahan KPK juga ternyata masih ada.

Sesi akhir acara Bapak Masagung, Rektor IT Del Bapak Togar Simatupang, Bapak Partumpuan Naiborhu dan Wakil Bupati Bapak Hulman Sitrous menyematkan Pin yang bertuliskan “Berani Jujur Hebat” dan “ Jujur itu Hebat” kepada perwakilan Mahasiswa. Dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Rektor IT Del kepada Bapak Masagung Dewanto.

foto selengkapnya bisa dilihat di https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/

 

 

 

 

del-300x200