Pada Tanggal 14 Januari 2017 IT Cyber SMK Negeri 1 Nisam mengadakan acara Seminar dan Workshop “Security & Hacking Android smartphone” di SMK Negeri 1 Nisam. Acara ini dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Nisam yaitu Bapak Drs. Ibrahim dan dilanjutkan oleh Ketua Pelaksana Bapak Rizki, S.ST.

Tujuan acara ini adalah mensosialisasikan dan mengedukasikan kepada masyarakat umum bahwa pentingnya kewaspadaan kita dalam mempergunakan kecanggihan teknologi terkhusus Smartphone Android. Pada kesempatan ini terdapat 3 point yang dipelajari. Point pertama yaitu kesadaran bahwa terdapat Undang – Undang ITE dan KUHP yang mengatur segala kejahatan yang berhubungan dengan teknologi informasi. Point kedua yaitu belajar teori dan demonstrasi bagaimana cara melakukan penyadapan data dan akses penuh terhadap Smartphone Android orang lain. Yang dimaksud akses penuh adalah akses terhadap SMS, Contact, Log Telp, File (Dokumen, Music, Video, Gambar, dll), Camera (depan, belakang), GPS, dan lain – lain. Dengan kata lain, point kedua ini akan menunjukkan betapa mudahnya orang jahat (yang memiliki kelebihan dalam hal ilmu komputer) untuk mengambil alih seluruh fungsi yang ada pada Smartphone Android kita. Orang jahat tersebut dapat dengan mudah membaca SMS pada HP kita yang mungkin mengandung informasi finansial (Rekening Bank, Saldo, PIN ATM, dll). Point ketiga yaitu mengajarkan bagaimana caranya agar Smartphone Android kita tidak dapat dikendalikan oleh orang jahat. Beberapa cara yang dapat digunakan untuk dapat mengamankan Smartphone Android adalah dengan cara melakukan update system android, menginstall antivirus, tidak sembarang menginstall aplikasi, dan menggunakan virustotal.com untuk memeriksa apakah aplikasi yang akan kita install itu mengandung virus atau tidak.

Pemateri untuk acara ini adalah Bapak Alexander Lumbantobing S.Tr.Kom yang didatangkan langsung dari Sibolga. Beliau telah pernah diundang oleh UKM Policy Politeknik Negeri Lhokseumawe pada tanggal 24 September 2016 sebagai pemateri untuk acara seminar dan workshop “Hacking Android Smartphone”. Beliau sendiri adalah salah Instruktur Nasional yang telah banyak diundang sebagai pemateri untuk acara-acara yang berbau sosialisasi dan edukasi terhadap kewaspadaan menggunakan teknologi. Berikut adalah biodata pembicara (Bapak Alex Tobing S.Tr.Kom). https://www.facebook.com/masykuralatief.sst/posts/1537712696243523. Beliau dapat dihubungi dari facebook dengan nama “Alex Tobing” (https://www.facebook.com/alexandertobing101)

Acara yang diadakan di SMK Negeri 1 Nisam diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh Utara, SMP Negeri 1 Nisam, SMP Negeri 2 Nisam, MTS Swasta Nisam, SMK Ulumuddin, MAS Ulumuddin, SMP Negeri 1 Dewantara, Universitas Malikussaleh, Politeknik Negeri Lhokseumawe, UIN Ar-Raniry, Universitas AL-Muslim, SMAN Modal Bangsa Arun, SMP Negeri 2 Muara Batu, IAIN Malikussaleh Lhokseumawe, SD Negeri 5 Nisam, dan SD Negeri 4 Nisam dan Masyarakat Umum. Acara ini didukung oleh MGMP TIK SMK Aceh Utara, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Lhokseumawe, Indonesia Backtrack Team Sub Regional Toba Samosir, Dracos Linux dan Institut Teknologi Del.

IT Cyber lahir dengan SK Kepanitiaan Kepala SMK Negeri 1 Nisam yang terdiri dari Guru Produktif Kejuruan TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) dengan tujuan mengadakan Training, Seminar dan Workshop Bidang IT dan Jaringan Dunia Maya, agar lahirlah kesadaran bagi pemakai bahwa Internet dapat digunakan secara sehat dan positif

Bapak Masykuri, SST selaku Sekretaris IT Cyber (yang juga merangkap Ketua MGMP TIK Aceh Utara) sangat mendukung agar acara ini terus dilanjutkan secara berkelanjutan, karena wilayah Nisam sangat membutuhkan kegiatan bermanfaat berbasis IT seperti ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (baik Guru, Siswa, Mahasiswa maupun Masyarakat Umum). Salah satu penghambat perkembangan IT di Nisam selain SDM adalah fasilitas BTS dan FO (Fiber Optic) Telkom yang belum memadai.

Acara ini dibekali dengan Doorprize berupa pembagian buku kepada peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dari pemateri. Buku tersebut adalah 3 buah “Capture the Flag & Hacking Kioptrix Server (Penulis: Alexander Lumbantobing)” dan 3 buah “Pencegahan Serangan SQL Injection pada Web (Penulis: Elni Enita Manurung)”. Sebanyak 7 buku Bapak Alexader dan 2 buku Ibu Elni, telah disumbangkan kepada IT Cyber.

16298552_1548366181844841_1750169770334657941_n