DSC_0606 copy

Kompetisi dan prestasi tidak henti-hentinya difasilitasi oleh Institut Teknologi Del (IT Del) setiap tahunnya. Melalui Gugus Bidang Kajian Bahasa (GBK Language), IT Del menyelenggarakan Del Language Cup ke-4 (DLC-4) pada tanggal 29-30 April 2016. Kompetisi ini menyajikan dua kategori yakni lomba pidato (speech) dan pertandingan scrabble. Sebanyak 19 sekolah dan 58 kontestan dari berbagai Daratan Tapanuli yakni dari Tobasa, Humbanghas, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, dan Tapanuli Utara turut meramaikan lomba pidato Bahasa Inggris pada tanggal 29 April 2016. Hasil dari babak penyisihan dengan tema “Social Media: Pros and Cons for Right to Speak” menghasilkan 10 finalis yakni Ester Yohana Tambunan (SMA Unggul Del), Erin Sabrina Sinulingga (SMA Unggul Del), Yolanda Putri Siringo-ringo (SMA Santa Maria Tarutung), Yora Mei Nora Situmorang (SMAN 1 Sibolga), Ruspine Manulang (SMAN 2 Lintongnihuta), Natasha Sonia Siahaan (SMA Unggul Del), Septia Marta Munthe (SMAN 1 Dolok Sanggul), Elysha Afthersia Lumbangaol (SMA Unggul Del), Afrima Sari Rambe (SMAN 2 Plus Sipirok), dan Imelda Anastasia Situmorang (SMAN 1 Dolok Sanggul). Kesepuluh finalis ini kemudian berkompetisi lagi di babak final untuk memperebutkan tiga tempat terbaik dengan tema “Education and Globalization Era”. Setelah melalui pertarungan yang sengit dan kompetitif akhirnya Natasha Sonia Siahaan dari SMA Unggul Del keluar sebagai juara lomba pidato ini disusul oleh Ester Yohana Tambunan dari SMA Unggul Del di tempat ke dua serta Imelda Anastasia Situmorang dari SMAN 1 Dolok Sanggul.

Sementara itu, 46 peserta dari 17 sekolah dari Daratan Tapanuli turut meramaikan pertandingan scrabble pada tanggal 30 April 2015. Pertandingan yang melalui 3 babak penyisihan ini akhirnya menghasilkan 4 finalis yakni Lekson Kepin Sihombing (SMAN 2 Lintongnihuta),Prince Silaban (SMAN 1 Dolok Sanggul), Ezra Immnuel Ananta Sembiring (SMA Unggul Del) serta Stefani Gracia Bargi Aritonang (SMA Unggul Del). 30 menit pertandingan yang sarat akan emosi diakhiri dengan hasil juara pertama diraih oleh Stefani Gracia Bargi Aritonang, juara kedua oleh Ezra Immnuel Ananta Sembiring, juara ketiga oleh Lekson Kepin Sihombing, dan juara harapan pertama oleh Prince Silaban.

Prestasi siswa/i SMA dan SMK di Daratan Tapanuli tidak dapat diremehkan begitu saja dibandingkan dengan mereka yang belajar dan bersekolah di kota besar. GBK Language IT Del melalui DLC-4 telah membuktikan bahwa siswa/i tersebut memiliki jiwa kompetisi yang tinggi serta semangat pantang menyerah. Tetaplah berprestasi positif dan sampai berjumpa lagi di DLC Season 5. (KIS)