Pedagogi 2

 

Jumat, 29 Januari 2016 merupakan hari dimana IT Del menyelenggarakan lokakarya pertama dalam bidang pendidikan dan pengajaran (workshop in pedagogy) di tahun 2016. Lokarya ini diberi tajuk “Seni Menangani Kelas: Jembatan pada Peningkatan Kualitas Hasil Belajar Mahasiswa” dan difasilitasi oleh Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd. (rektor STAKPN Tarutung) yang merupakan seorang pembicara ahli dalam kepakaran ilmu pendidikan. Dibuka oleh rektor IT Del, Prof. Dr. Roberd Saragih, MT lokarkarya ini kemudian dilanjutkan dengan presentasi oleh narasumber yang menitikberatkan pada keseimbangan hardskill dan softskill seorang dosen pada proses belajar mengajar yang meliputi 6 hal yakni:
a. Pengenalan dosen atas latar belakag mahasiswanya
b. Pertimbangan tingkat kesulitan materi pembelajarannya
c. Pertimbangan dan keputusan bagaimana cara menyampaikan/mengajarkan materi pembelajarannya
d. Pertimbangan endurance mahasiswa terhadap pemahaman suatu materi
e. Pelaksanaan evaluasi atas hasil belajar mahasiswanya
f. Kelanjutan materi pemebalajaran pada tahap pertemuan berikutnya yang berbasis sustainable relationship

Lokakarya ini dihadiri oleh sejumlah dosen baru untuk tujuan pembakalan dan dosen lama IT Del sebagai aktivitas cerminan dan penyegaran kembali atas kegiatan yang sudah dilakukan pada semester sebelumnya. Narasumber juga memberikan suatu pelatihan model pengajaran berbasis pendekatan ilmiah (scientific approach) yang dimulai dari tahapan mengamati, mempertanyakan, menerapkan, menganalisis dan mensintesis, serta tahap terakhir yakni mengkomunikasikan. Para peserta terlihat antusias karena lokakarya ini dilaksanakan dengan interaktif sehingga berbagai pertanyaan dan masukan dari pengalaman saling dibagikan baik antara narasumber dengan peserta maupun antara peserta dengan peserta.

Pendidikan adalah upaya memberikan keterampilan kepada orang yang sebelumnya tidak tahu apa-apa, berpindah menjadi orang yang banyak tahu. Pendidikan menuntut agar pelaku pendidikan mempertimbangkan aspek-aspek psikologis ketika proses belajar mengajar berlangsung sehingga hasilnya menjadi maksimal. Oleh karena itu, mengajar di tingkat perguruan tinggi bukan hanya menyalurkan ilmu pengetahuan, namun mengajar juga merupakan suatu seni yang membutuhkan keterampilan tertentu (the art of teaching is the combination of teaching and entertaining).

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del