workshop GDP

Pada hari Jumat 10 April 2015, Institut Teknologi Del (IT Del) mengadakan workshop yang bertema cloud computing yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Komputer IT Del. Workshop ini diikuti oleh mahasiswa IT Del tingkat III dan sebagian tingkat II. Berbeda dengan workshop lainnya, workshop kali ini dibawakan oleh alumni IT Del yaitu Roy Inganta Ginting dan Petry Sianipar yang telah bekerja di PT. Global Digital Prima, Jakarta.

Workshop cloud computing dengan menggunakan Amazon Web Service (AWS) Cloud ini berlangsung mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB. Dalam kesempatan ini Petry dan Roy Inganta menjabarkan dengan detail tentang cloud computing dan bagaimana menggunakan cloud computing khususnya AWS. Dalam kesempatan ini mahasiswa peserta workshop mendapat hands on beberapa layanan yang disediakan oleh AWS seperti, Elastic Compute Cloud (EC2) yaitu layanan komputasi di cloud, Elastic Block Storage (EBS) yaitu layanan penyimpanan data di dalam disk, Relational Database Service (RDS) MySQL yaitu layanan database relasional contohnya MySQL, and Elastic Load Balancer (ELB) yaitu layanan untuk membagi traffic.

DSC_0121

Setelah memperoleh pengetahuan dasar layanan-layanan yang disediakan oleh AWS, peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok dan diminta untuk menggabungkan layanan-layanan yang telah dikenalkan sebelumnya menjadi satu kesatuan. Sebagai contoh EC2, EBS, RDS, dan ELB dapat digabungkan untuk menjalankan aplikasi web berbasis PHP dimana semua komponen tahan terhadap kegagalan (No Single Point of Failure).

Suasana workshop tampak begitu santai dan hangat. Hasil akhir dari workshop ini diharapkan peserta mengetahui manfaat cloud computing dan dapat menggunakan cloud computing untuk menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan komputasi dengan lebih mudah dan cepat.

Terimakasih kepada Petry dan Roy Inganta Ginting yang telah bersedia berbagi ilmu kepada adik-adik junior almamaternya.

Foto-foto kegiatan dapat diakses di: https://www.facebook.com/Institut.Teknologi.Del/photos_stream?tab=photos_albums