20140724_102957

Pada hari Kamis 24 Juli 2014 mahasiswa Czech University of Life Science (CULS) dalam program summer school 2014 melaksanakan presentasi hasil observasi lapangan mereka. Bertempat di gedung multimedia IT Del, setiap mahasiswa CULS mempresentasikan hasil observasi lapangan mereka di hadapan Chairman of Academic Senate of CULS David Herack untuk memperoleh penilaian

Acara presentasi ini dihadiri Ketua Yayasan Del Cabang Sumatera Utara Partumpuan Naiborhu, Wakil Rektor 3 IT Del Deni Lumbantoruan, Koordinator summer school 2014 Kisno Shinoda, perwakilan dosen Universitas Negeri Medan dan Universitas Tapanuli Utara serta dosen/staf IT Del. Setiap mahasiswa CULS mempresentasikan hasil observasi mereka dengan waktu kurang lebih 10 menit per orang. Setelah presentasi, hadirin diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan.

Sebanyak 14 orang mahasiswa CULS mempresentasikan hasil observasi mereka dengan judul yang berbeda satu dengan yang lain. Beberapa diantaranya mempresentasikan tentang kompos, pembuangan sampah plastik, teknik pengeringan hasil pertanian, dsb. Mereka melakukan observasi dengan mengunjungi beberapa tempat seperdi daerah Tampahan, tempat pengumpul sampah plastik, pabrik tapioka dan tempat-tempat lain yang mereka kunjungi selama program summer school berlangsung. Observasi mereka juga didukung dengan berbagai referensi yang mereka peroleh baik dari buku, karya ilmiah atau situs-situs ilmiah di internet. Semoga hasil observasi lapangan mahasiswa CULS ini memberi manfaat pengetahuan dan bisa dijadikan masukan bagi kemajuan Toba Samosir.