Fakultas Informatika dan Teknik Elektro (FITE) mendapat kunjungan dari Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Program Sarjana Terapan. Tim Asesor BAN-PT R. Teduh Dirgahayu, S.T., M.Sc., Ph.D. (Universitas Islam Indonesia) Jonner Hutahaean, M.Infosys (Politeknik Negeri Bandung). Visitasi berlangsung pada tanggal 9 September 2019.

web

Kedatangan Tim Asesor disambut oleh Rektor Institut Teknologi Del (IT Del) Prof.Ir. Togar M. Simatupang, M.Tech., Ph.D., beserta Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan, Kaprodi, Dosen dan Tim Borang Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Program Sarjana Terapan. Dalam sambutannya Rektor mengucapkan selamat datang kepada tim asesor dan menyampaikan bahwa akreditasi merupakan prioritas bagi semua program studi yang ada di Indonesia baik perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri. Kegiatan Asesmen Lapangan (AL) merupakan bentuk verifikasi terakhir setelah kegiatan Asesmen Kecukupan (AK) yang merupakan tahap yang penting karena menentukan nilai untuk butir-butir standar. Namun, yang terpenting adalah bahwa kegiatan AL menjadi wadah pembelajaran bagi IT Del karena akan banyak masukan untuk perbaikan penyelenggaraan pendidikan yang bermutu di IT Del.

Akreditasi Program Studi menilai 7 standar dari keberadaan Program Studi Teknologi Komputer Program Diploma Tiga, meliputi standar 1 tentang visi dan misi serta strategi pencapaian program studi, standar 2 tentang tata pamong, standar 3 tentang mahasiswa dan lulusan, standar 4 tentang sumber daya manusia, standar 5 tentang kurikulum pembelajaran dan suasana akademik, standar 6 tentang keuangan dan sarana prasarana serta sistem informasi dan standar 7 tentang penelitian dan pengabdian pada masyarakat dan kerjasama. Ketujuh standar tersebut dilakukan link and match terhadap laporan yang dikumpulkan ke BAN-PT.

Selama proses Asesmen Lapangan  (AL) berjalan lancar dan kondusif dan diselesaikan dengan baik. Ada beberapa masukkan positif dari kedua asesor Teduh Dirgahayu, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Jonner Hutahaean, M.Infosys bagi Program Studi Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak Program Sarjana Terapan.

IT Del sudah menuju arah yang sudah baik dan beberapa memerlukan perbaikan. Perlu meningkatkan proses mutu akademik karena masih ada yang bolong. Upaya perbaikan yang telah dilakukan perlu dievaluasi apakah efektif atau tidak, misalnya peningkatan animo. Dari sisi SDM, perlu mendorong dan memfasilitasi dosen dalam meningkatkan jenjang pendidikan dan jabatan akademiknya. Prodi harus selalu meninjau dan mengembangkan kurikulum untuk memfasilitasi perkembangan teknologi yang sangat cepat.”Ujar Teduh Dirgahayu mengakhiri
Mahasiswa tetap didorong ke dunia kompetisi. Dulu ada pora, sekarang tidak ada lagi cerita hasil karya mahasiswa. Mahasiswa perlu diberikan tantangan dunia nyata. Sarjana terapan harus ada pengabdian. Cara mengkonsep pengabdian perlu dibuat secara formal dan muncul di dokumen. Harus jelas bahwa syarat-syarat sarjana terapan sudah dapat dipenuhi.”Ujar Jonner Hutahaean mengakhiri.

ab aa az ag af ae ad ac