Peran SPM salah satunya terkait perubahan instrumen dokumen pengajuan reakreditasi berbasis output dan outcome atau sekarang yang disebut Instrumen Akreditasi Program Studi 4.0 (IAPS 4.0) adalah sosialisasi IAPS 4.0 yang terdiri dari 2 (dua) dokumen yaitu Laporan Evaluasi Diri (LED) dan Laporan Kinerja Program Studi (LKPS).

1

Sosialisasi ditujukan khususnya kepada dosen, staf, dan tenaga pendidik yang akan menjadi tim penyusun dan penulis pada LED dan LKPS. Sosialisasi IAPS 4.0 ini akan disampaikan oleh narasumber dari internal institut (SPM IT Del) dan eksternal institut.

Pada tanggal 03-04 Juli 2019, bertempat di auditorium IT Del pukul 09.00 – 15.00 WIB, sosialisasi IAPS 4.0 telah dilakukan oleh Satuan Penjaminan Mutu (SPM) IT Del kepada seluruh dosen, staf, dan tenaga pendidik.  Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan IAPS 4.0 dan menghasilkan draf LEd namun dengan 1 kriteria per masing-masing prodi yang ada di IT Del. Namun setelah selesai sosialisasi dari internal ini diharapkan masing-masing prodi yang ada di IT Del dapat menyusun LED secara keseluruhan yang terbagi menjadi 9 kriteria. Sehingga saat sosialisasi yang mengundang narasumber dari eksternal nanti langsung mengetahui mana yang harus dicantumkan dalam LED dan mana yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam LED karena dapat menjadi lampiran pendukung atau dituliskan ke dalam LKPS.

Kesimpulan dari kegiatan ini dipahami bahwa LED merupakan dokumen hasil analisis dari kebijakan yang dibuat oleh institut diterjemahkan oleh prodi masing-masing, bagaimana pelaksanaannya, sejauhmana hasilnya, apa yang harus dipertahankan dan ditingkatkan atau dengan kata lain pelaksanaan PPEPP prodi.

Sedangkan LKPS merupakan dokumen yang berisi sumber, landasan, dan sumber yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan tridarma di IT Del.

4 5 2 3